Jendral Tabur Benih Ikan di Jeneberang

SUNGGUMINASA— Panglima Kodam (Pangdam) VII/Wirabuana, Mayjen TNI. Muhammad Nizam bersama Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo dan Komandan Kodim (Dandim) 1409, Letkol ARM Bambang Irawan, melakukan tabur benih ikan air tawar di lokasi budidaya keramba, Sungai Jeneberang, Sungguminasa, Gowa, Selasa (7/2).

Tabur benih ini adalah bentuk kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Gowa dengan Kodim 1409 Gowa melalui pengembangan Karamba Jaring Apung (KJA) ikan air tawar. Ujicoba dilakukan di Sungai Jeneberang, sekitar Jembatan Kambara Sungguminasa. Penaburan benih dihadiri oleh jajaran muspida Gowa, Kadis Perikanan dan Kelautan, Achmad Syahsir beserta pimpinan SKPD Pemkab Gowa.

Menurut Nizam, program ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan TNI untuk mendukung program ketahanan pangan dan ketahanan wilayah. “ Selain itu Karamba Jaring Apung ini diharapkan mampu mendukung Pemkab Gowa dalam meningkatkan hasil produksi sektor perikanan air tawar guna kesejahteraan rakyat,” tambahnya.

Spesifikasi Karamba
Spesifikasi Karamba Jaring Apung (KJA) menggunakan metode HDPE (High Dencity Poli Ethilen) yang dikhususkan untuk budi daya air tawar dan dapat didaur ulang sehingga sangat ramah terhadap lingkungan.

Ujicoba ini menggunakan empat petak budi daya jenis ikan air tawar, diantaranya ikan patin, mas, nila merah dan ikan nila hitam. Tiap petaknya ditaburi 2.500 bibit ikan yang direncanakan akan di panen perdana, Mei mendatang.

Bupati Gowa, dikesempatan yang sama mengharapkan dalam kurun waktu tiga bulan ini akan bertambah Karamba Jaring Apung sepanjang 1(satu) Km di bibir Sungai Jeneberang. “Dalam tiga tahun ke depan kita harapkan dapat panen satu juta ekor di tempat ini,” ujar orang nomor satu di Gowa ini.

Pengembangan KJA ke depannya diharapkan mampu memenuhi kebutuhan ekspor, hal ini didukung lokasi karamba yang berada di Sungai Jeneberang, lokasi ini memiliki arus deras sebagai salah satu persyaratan, berbeda dengan karamba di tempat lain yang kualitas daging ikan yang dihasilkan merah. “Kita harapkan KJA Sungai Jeneberang ini menghasilkan ikan daging putih yang sesuai dengan permintaan pasar luar negeri,” katanya.

Sebelum kegiatan tabur benih, Dandim 1409 Gowa, Letkol ARM Bambang Irawan memberikan penjelasan mengenai program kerjasama ini dihadapan Pangdam VII Wirabuana dan Bupati Gowa, di Ruang Kerja Bupati Gowa .(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

49 + = 50