Kades Bangun Sinergitas dengan Masyarakat

MALINO—–Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo meminta kepada para kepala desa dan kelurahan untuk membangun sinergitas kepada masyarakat. Dengan demikian, program pembangunan yang dibuat oleh pemerintah yang merujuk pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan.

“Kades dan lurah bersama masyarakat harus memiliki paham yang sama untuk memajukan daerah mereka termasuk dalam membuat program kerja tahunan,” ujarnya, Kamis (27/10) disela-sela Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Se-Kab Gowa.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil Musrembang mulai dari desa dan kelurahan, kecamatan hingga kabupaten jumlah anggaran yang diusulkan berdasarkan program mereka mencapai puluhan trilyun rupiah. “Tapi itu wajar, karena mereka berlomba-lomba memasukkan program masing-masing,” katanya.

Namun demikian, prosedur perencanaan partisipatif dalam Musrembang perlu diaktualisasikan dengan cara memperkuat langkah-langkah optimalisasi kinerja, dengan cara mendayagunakan pengalaman dalam perencanaan pembangunan. Ditegaskannya, bahwa keunggulan perencanaan partisipatif akan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengelola kegiatan pembangunan desa. “Model seperti ini biasanya cukup murah dan ada unsur keterbukaan,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPMD Kab Gowa, H Abd Rauf Kr Kiyo mengatakan, kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan kepala desa dan kelurahan dalam mengelola sistem pemerintahan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − 7 =