Kawasan Industri Gowa Menuju Kawasan Ekonomi Khusus

Sungguminasa — Tim dari Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Gowa. Rombongan ini diketuai Kabag Perencanaan dan kerjasama Sekretariat Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus, Mardi Santoso Menko. Kunjungan diterima oleh Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo didampingi, Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Taufiq Mursad beserta Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, H. Abd. Kahar Atjo. Berlangsung di Ruang Rapat Bupati Gowa, (15/5).

Kedatangan tim untuk melihat secara langsung kesiapan dan keseriusan Pemkab Gowa sekaligus meninjau lokasi Kawasan Industri Gowa (KIWA) dalam rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Rencana pembangunan kawasan ini sendiri dalam rangka membuat lingkungan kondusif bagi aktivitas investasi, ekspor dan perdagangan guna mendorong laju pertumbuhan ekonomi.

“Gowa memiliki posisi yang strategis, peruntukan Kawasan Ekonomi Khusus tidak hanya ditujukan untuk daerah Gowa saja tapi untuk wilayah disekitarnya. Kawasan Industri Gowa yang ada saat ini jika telah menjadi kawasan ekonomi khusus akan memperkecil cost produksi.” jelas Ichsan dihadapan tim Kementrian.

Kawasan Industri Gowa yang berada di Kecamatan Pattallasang dan Parangloe. Luas lahan ini sebesar ± 925 Ha. Kawasan ini kelak mudah untuk dijangkau dari pelabuhan dan bandara dengan jarak tempu 25 menit. Di dalamnya kawasan saat ini terdapat berbagai usaha agro seperti getah pinus, coklat juga usaha UKM lainnya.

Ketua tim Mardi Santoso menilai apa yang dimiliki KIWA saat ini sangat potensial ditambah keterkaitan dengan wilayah lainnya, “ Selain potensi kami melihat komitmen kuat yang diberikan oleh Pemkab Gowa. Ini menjadi nilai positif dalam penilaia kami.” jelasnya menutup pembicaraan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 2 =