Kecamatan Pattallassang Kini Miliki Media Center Penyuluh KB

Sekretaris Kecamatan Pattallassang, Wahyuddin saat meresmikan Media Center Penyuluh KB, Jumat (26/4)

Humas, Gowa – Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) tingkat Kecamatan Pattallassang meresmikan pusat pelayanan KB bagi masyarakat melalui Media Center Balai Penyuluh KB Pattallassang.

Sekretaris Camat Pattallassang Wahyudin mengatakan, kehadiran media center penyuluh KB ini dapat menjadi tempat bagi seluruh masyarakat Pattallassang untuk mendapatkan informasi tentang persoalan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang dicanangkan pemerintah maupun Dinas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Gowa.

“Kehadiran media penyuluhan ini diharapkan bisa menjawab seluruh masalah minimnya informasi KB kepada masyarakat utamanya para keluarga,” katanya di sela-sela peresmian, Jumat (26/4).

Media Center Penyuluh KB ini adalah yang pertama ditingkat kecamatan yang merupakan inovasi dari para penyuluh di Kecamatan Pattallassang.

“Ini inovasi yang pertama dilakukan. Media center seperti ini belum ada di kecamatan mana pun, maupun di kabupaten,” ujarnya.

Terpisah Anggota Penyuluh Keluarga Berencana Pattallassang Jasmin mengungkapkan, media center ini adalah pusat informasi bagi masyarakat terkait seluruh program penyuluh KB. Layanan yang disiapkan pun mulai dari tanya jawab program KB, keluhan masyarakat tentang keluarga, KB maupun alat kontrasepsi.

“Masyarakat bisa datang di hari kerja atau Senin hingga Jumat, sementara untuk Sabtu dan Minggu konsultasi dapat dilakukan via Whatsapp,” katanya.

Ia menjelaskan, media center ini berlokasi di area Kantor Balai KB. Di dalamnya disiapkan tenaga penyuluh sebagai tim konsultasi yang berjumlah 7 untuk mengakomodir delapan desa di Kecamatan Pattallassang.

Media center tersebut pun akan didorong hingga ke tingkat kecamatan dengan harapan pemberian informasi terkait program KKBPK semakin maksimal hingga ke tingkat bawah.

Peresmian tersebut juga dirangkaikan dengan pemberian informasi Kelompok Bina keluarga Remaja dan informasi tentang MKJP oleh Bidan Koordinator Pattallassang Yusni. (CH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 4 = 16