Kepala BNP2TKI Dialog dengan Pemkab Gowa


Wakil Bupati Gowa H Abd Razak Badjidu, Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat dan Sekretaris Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab Gowa H Syamsuddin Bidol ketika melakukan dialog antara Kepala BNP2TKI dengan jajaran Pemkab Gowa. –foto/humas-

SUNGGUMINASA—Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Moh Jumhur Hidayat melakukan dialog dengan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dalam rangka sosialisasi pelayanan TKI dan dirangkaikan dengan safari ramadhan di Ruang Rapat Wakil Bupati Gowa, Jum’at (12/8).

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Gowa H Abd Razak Badjidu, Sekretaris Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab Gowa H Syamsuddin Bidol, jajaran BNP2TKI dan para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.Kegiatan sosialisasi pelayanan TKI ini telah dilakukan sejak tanggal 3-13 Agustus 2011 di daerah Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Moh Jumhur Hidayat menjelaskan kegiatan ini merupakan agenda tahunan BNP2TKI dalam melakukan pertemuan dan dialog dengan para pencari kerja maupun keluarganya mengenai masalah dan kendala apa yang mereka hadapi sehingga dapat dicarikan jalan keluarnya bersama.

Jumhur menghimbau agar para pencari kerja khususnya di Kab Gowa untuk tidak lagi berkeinginan menjadi pembantu rumah tangga (PRT) di luar negeri. BNP2TKI akan menjaring 10.000 TKI pada tahun ini untuk mendorong mereka memiliki dokumen-dokumen resmi agar bisa menjadi TKI resmi di luar negeri. Pemerintah secara bertahap menghentikan penempatan TKI informal dengan menggalakkan perekrutan TKI formal yang terlindungi oleh Undang-undang Perburuhan di masing-masing negara.

Seluruh rangkaian kegiatan ini akan melibatkan keikutsertaan para TKI dan keluarganya (termasuk calon TKI), masyarakat umum serta dukungan instansi pemerintah daerah, baik tingkat provinsi/kabupaten/kota, aparat di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan untuk memperkokoh sinerji dalam pelayanan perbaikan penempatan dan perlindungan TKI.

Kepala BPN2TKI beserta jajarannya akan melanjutkan perjalanan safari ramadhannya ke Kecamatan Bontolempangan yang merupakan daerah yang memiliki banyak TKI di Kab Gowa.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 × 1 =