Kesuksesan Pendidikan Gowa Dilirik Dikorda Minahasa Selatan

SUNGGUMINASA—–Kesuksesan penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Gowa selama ini menjadi tujuan pembelajaran berbagai daerah di seluruh Indonesia, kali ini giliran jajaran Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda (Dikorda) Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara yang melakukan studi banding tentang penyelenggaraan pendidikan tersebut.

Rombongan berjumlah 74 orang yang terdiri dari pengawas sekolah, kepala sekolah SD, SMP dan SMA/SMK serta UPTD ini dipimpin oleh Kepala Dikorda Kabupaten Minahasa Selatan, Henri SC Lumapow dan diterima langsung oleh Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo didampingi Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (18/2).

Henri menjelaskan, maksud dan tujuannya melakukan studi banding di Kabupaten Gowa karena menilai Gowa sebagai daerah yang jauh lebih baik sistem penyelenggaraan pendidikannya yang terkenal dengan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan yang diterapkan. “Studi banding ini juga merupakan hasil follow up antara Bupati Minahasa Selatan dan Bupati Gowa ketika sama-sama mengikuti pendidikan di Canada,” terangnya.

Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo yang sangat perhatian dengan dunia pendidikan ini menyambut hangat dan bangga menerima jajaran Dikorda Minahasa Selatan tersebut, bahkan Ichsan dengan penuh semangat berbagi kesuksesan penyelenggaraan pendidikan yang telah berjalan di Kabupaten Gowa.

Ichsan menjelaskan mulai dari Pendidikan Gratis yang telah diterapkan di Kabupaten Gowa sejak tahun 2007, Wajib Belajar, Satpol Pendidikan hingga Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan yang telah bekerjasama dengan 19 Perguruan Tinggi di Indonesia yang siap menerima siswa lulusan SKTB dari Kabupaten Gowa. “Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan ini merupakan sistem automotic promotion yang tidak mengenal tinggal kelas telah diterapkan di Kabupaten Gowa dan sudah berjalan selama tiga tahun, Ujian Nasional bukan lagi standar lulus atau tidaknya seorang siswa dan tidak ada lagi sistem rangking,” beber Ichsan yang disambut antusias oleh jajaran Dikorda Minahasa Selatan.

Rombongan inipun kemudian melakukan dialog dan tanya jawab dengan orang nomor satu di Gowa ini dan akan melanjutkan studi banding ke beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Gowa yang menjadi lokus mereka. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 7 = 3