Kodim 1409 dan Pemkab Gowa Tanam Padi Serentak

Penanaman Padi Serentak
Sekda Gowa melakukan penanaman padi serentak bersama Asisten Teritorial Kasdam VII Wirabuana dan Dandim 1409/Gowa. -foto/humas-

BAJENG—–Kodim 1409/Gowa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa yakni Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura├é┬á menggelar penanaman padi serentak dalam rangka terwujudnya swasembada pangan nasional, Senin (7/12).

Penanaman secara serentak untuk tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini berlangsung di Desa Maradekayya, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa dan dibuka secara resmi oleh Asisten Teritorial Kasdam VII/Wirabuana, Kolonel INF Muhammad Ali.

Turut hadir dalam acara ini Dandim 1409/Gowa, Letkol INF Willy Brodus Yos Rohadi, Kapolres Gowa, AKBP Rio Indra Lesmana, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis, Kepala Balai Benih Pertanian Provinsi Sulsel, Abdul Rasyid, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Gowa, H Zulkarnain, para pimpinan SKPD dan para camat se-Kabupaten Gowa.

Dandim 1409/Gowa, Letkol INF Willy Brodus Yos Rohadi menjelaskan, penanaman padi serentak ini akan dilakukan pada lahan seluas 6.000 m2 di Desa Marakayya. “Ini sebuah kehormatan bagi Kabupaten Gowa karena dikunjungi oleh Kodam VII/Wirabuana dan penanaman serentak ini akan dilakukan pada seluruh lahan seluas 22.000 hektar di Kabupaten Gowa untuk siap tanam dengan varietas ciherang,” terang Dandim 1409/Gowa.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis mengatakan, penanaman padi serentak yang dipusatkan di Kabupaten Gowa ini menunjukkan bagaimana perhatian serius dari pemerintah khususnya dari TNI untuk mendukung terwujudnya swasembada pangan nasional.

“Kabupaten Gowa bisa berkontribusi mendukung Sulsel sebagai lumbung pangan nasional dan tiap tahun meraih penghargaan karena mampu mencapai target produksi padi ini tidak terlepas dari dukungan para aparat TNI,” tambah Muchlis.

Asisten Teritorial Kasdam VII/WRB, Kolonel INF Muhammad Ali mengatakan, kegiatan tanam pagi serentak ini merupakan tindak lanjut dari adanya perjanjian kerja sama antara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan RI dengan Aster Kasad dalam rangka mendukung peningkatan produksi padi melalui program perbaikan jaringan irigasi dan sarana pendukungnya.

“Untuk itu, maka dengan dicanangkannya program tanam padi serentak seperti ini, diharapkan mampu membantu upaya peningkatan produksi beras nasional khususnya di wilayah Sulawesi Selatan,” harap Aster Kasdam VII/Wirabuana ini.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

49 − = 39