Legislator Agam Pelajari Pengelolaan Keuangan Gowa

Ket. Gambar : Kepala DPKD Kabupaten Gowa, Ismail Majid menyerahkan cinderamata kepada Wakil Ketua DPRD Kab Agam, Lazuardi Erman. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Legislator Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kab Agam, Lazuardi Erman melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Gowa.

Rombongan yang berjumlah 19 orang ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kab Gowa, Ismail Majid yang didampingi para asisten, staf ahli dan jajaran DPKD Kabupaten Gowa di Baruga Krg Pattingngalloang, Kantor Bupati Gowa, Selasa (29/4).

Lazuardi Erman menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan anggota Banggar ini untuk belajar dan memperkaya perbendaharaan terkait hal-hal mengenai penganggaran baik belanja langsung maupun tidak langsung. “Kami ingin mengetahui strategi perencanaan penganggaran yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gowa dan bagaimana cara mengelola anggaran tersebut untuk kepentingan yang lebih luas,” terang Wakil Ketua DPRD Kabupaten Agam.

Kepala DPKD Kabupaten Gowa, Ismail Majid ketika menerima rombongan legislator asal Padang ini menjelaskan, pengelolaan belanja pembangunan harus dilakukan secara proporsional dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip anggaran yakni efisien, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas.

“Dari aspek penerimaan dan pendapatan, Alhamdulillah pada tahun 2013 APBD Kabupaten Gowa telah mampu mencapai satu trilyun rupiah dan berdasarkan hasil pemeriksaan BPK atas pemeriksaan laporan keuangan Pemkab Gowa tahun 2012 Pemkab Gowa meraih penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian Tanpa Paragraf atau Clean and Clear dan merupakan daerah satu-satunya di Indonesia yang meraih predikat tersebut,” papar Ismail Madjid dihadapan para anggota Banggar DPRD Kabupaten Agam yang salut atas keberhasilan Kabupaten Gowa.

Para legislator ini pun melakukan diskusi dan saling bertukar informasi dengan jajaran Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Gowa terkait keberhasilan Pemkab Gowa dalam pengelolaan anggaran.(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 4 =