Legislator Bone Tertarik Perda Pendidikan Gratis

Ket.Gambar : Sekretaris Daerah Kab Gowa, Drs. H. Muh Yusuf Sommeng, M.Si menyerahkan Perda tentang Pendidikan Gratis kepada Ketua Komisi IV DPRD Kab Bone, Drs.H. Andi Darwis Massalinri.

SUNGGUMINASA——-Komisi IV DPRD Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Gowa yang diterima langsung oleh Sekretaris Daerah, H.Muh.Yusuf Sommeng yang didampingi Ketua DPRD Kab.Gowa, H.Ansar Usman bertempat di Ruang Rapat Wakil Bupati Gowa, Kamis (23/6).

Kunjungan ini turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab Gowa H.Idris Faisal Kadir Dalle, beberapa anggota Komisi IV DPRD Kab Gowa dan para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Rombongan legislator berjumlah 10 orang ini dipimpin oleh H.Andi Darwis Massalinri yang juga selaku Ketua Komisi IV DPRD Kab Bone yang berorientasi pada Kesejahteraan Rakyat, Pendidikan dan Kesehatan.

Andi Darwis Massalinri mengutarakan tujuan kunjungan kerja di Kab. Gowa ini untuk saling bertukar informasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa atas program-program yang dicanangkan pada dunia pendidikan, utamanya sejauh mana pelaksanaan pendidikan gratis sekaligus bersilaturahmi dengan para pejabat dan para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa sehingga ilmu yang nantinya diperoleh akan diterapkan di Bone dalam penyelenggaraan pemerintahannya.

Seperti diketahui bahwa Pemkab Gowa sangat peduli terhadap dunia pendidikan dengan mewujudkan pendidikan gratis yang direalisasikan dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2008. Pendidikan tersebut dilaksanakan pada tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Umum (SMU) dan sederajat, pendidikan gratis juga didukung dengan ditetapkannya Perda Nomor 10 Tahun 2009 tentang Program Wajib Belajar (Wajar). Perda ini bertujuan memberi kesempatan kepada anak usia 7-15 tahun untuk mengikuti program Wajar tanpa membedakan latar belakang agama, suku, sosial budaya dan ekonomi.

H.Muh.Yusuf Sommeng menjelaskan, Pemkab Gowa tidak hanya menerapkan program pendidikan gratis saja yang sama sekali tidak ada pungutan biaya apapun, tetapi juga kembali mencanangkan inovasi baru yakni Sistem Pendidikan Kelas Tuntas yang telah dicanangkan oleh Bupati Gowa pada tanggal 2 Mei 2011 yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

57 + = 66