Legislator Tulung Agung Tertarik Pendidikan Gratis di Gowa

Kunker DPRD Tulung Agung
Sekda Gowa, H Muchlis menyerahkan berbagai Perda Kabupaten Gowa terkait Pendidikan kepada Koordinator Komisi A DPRD Tulung Agung. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Program Pendidikan Gratis yang telah berjalan selama 10 tahun di Kabupaten Gowa masih menjadi tujuan pembelajaran daerah lain yang belum menerapkan program tersebut. Begitu pula dengan yang dilakukan para anggota Komisi A DPRD Kabupaten Tulung Agung, Provinsi Jawa Timur saat melakukan kunjungan kerja di Gowa, Selasa (19/7).

Rombongan berjumlah 22 orang yang dipimpin oleh Koordinator Komisi A DPRD Tulung Agung, Imam Karbali ini diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis, para asisten dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa serta Sekretaris Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda (Dikorda), H Sappe Mangiriang di Baruga Krg Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa.

Imam Karbali mengatakan tujuan kunjungan Komisi A ini terkait tentang pelaksanaan pendidikan di Kabupaten Gowa utamanya pendidikan gratis. “Kami memimpikan apa yang telah dilakukan Kabupaten Gowa dengan menerapkan Program Pendidikan Gratis, karena di Tulung Agung pendidikan mahal sebab kata orang kalau murah itu tidak berkualitas. Sedangkan di Gowa, pendidikan bisa gratis tetapi tetap berkualitas, kami ingin tahu jurusnya,” terang Imam.

Sekda Gowa, H Muchlis menjelaskan bahwa Kabupaten Gowa sejak 10 tahun terakhir terus berinovasi dalam bidang pendidikan yang diawali dengan Program Pendidikan Gratis melalui Perda Nomor 4 Tahun 2007 yang membebaskan siswa mulai SD hingga SMA dari 18 pungutan di sekolah dan Perda Nomor 10 Tahun 2009 tentang Wajib Belajar.

“Pemkab terus berinovasi dengan penerapan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB), Imtaq Indonesia, Investasi Sumber Daya Manusia (SDM) Seperempat Abad hingga program terbaru yakni Program Fast Track Sampoerna yang bekerjasama dengan Putra Sampoerna Foundation. Dari berbagai program pendidikan yang kami terapkan, Alhamdulillah luaran dari Kabupaten Gowa dapat masuk ke universitas negeri melalui jalur undangan semakin meningkat dari tahun ke tahun,” jelas Sekda Gowa.

Pada kesempatan ini, Muchlis juga menyerahkan Perda tentang Pendidikan Gratis, Wajib Belajar, SKTB dan Buku Panduan SKTB sebagai bahan pembelajaran bagi para legislator Kabupaten Tulung Agung yang berencana untuk mengikuti jejak Pemerintah Kabupaten Gowa dalam peningkatan mutu dan kualitas pendidikan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 × = 80