Lingkup Pertanian Masih Prioritas

Bupati Gowa H. Ichsan Yasin Limpo, ketika menerima penghargaan di bidang pertanian dari Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono,  atas prestasinya selama ini yang melampaui produksi pertanian hingga 7%.

Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan di Gowa  2010 (3)

Kabupaten Gowa sebagai salah daerah yang memiliki potensi besar cukup besar di bidang pertanian, sekarang ini sedang menggalakkan berbagai program seperti IPAT BO, peningkatan produksi pertanian, penanaman sejuta pohon coklat dan penebaran bibit beih ikan. Ini tentunya untuk menjawab akan kebutuhan masyarakatnya.

Laporan: Dhyni Widyaswari Dwi Putri

 

PRIORITAS URUSAN PILIHAN YANG DILAKSANAKAN.

URUSAN PERIKANAN DAN KELAUTAN

SKPD Penyelenggara Urusan Pilihan Urusan Perikanan dan Kelautan adalah Dinas Perikanan, Kelautan dan Peternakan Kabupaten Gowa. Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Perikanan, Kelautan dan Peternakan Kabupaten Gowa sebagai instansi teknis yang menangani Urusan Perikanan dan Kelautan telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan dengan alokasi anggaran Program/Kegiatan Urusan Pilihan Urusan Perikanan dan Kelautan yang direncanakan akan dicapai dan telah dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Gowa pada T.A. 2010 sebesar Rp. 3.213.423.104,- dan yang terealisasi Rp. 2.867.215.248,- atau 89,23% dari alokasi anggaran.

Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Program/Kegiatan Urusan Pilihan Urusan Perikanan dan Kelautan yang direncanakan akan dicapai dan telah dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, dialokasikan anggaran Program Belanja Tidak Langsung melalui kegiatan belanja pegawai ,dengan alokasi anggaran Rp. 2.799.005.629,- dan terealisasi Rp. 3.052.595.344.

Dari upaya-upaya pelaksanaan Program/Kegiatan Urusan Perikanan dan Kelautan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan pada T.A 2010 diraih hasil/prestasi, yaitu Terbangunnya sarana dan prasarana budidaya dan perikanan tangkap.

URUSAN PERTANIAN

SKPD Penyelenggara Urusan Pilihan Urusan Pertanian adalah Dinas Pertanian, KIPPK dan Dinas Kehutanan Perkebunan Kabupaten Gowa.

Dalam rangka peningkatkan hasil pertanian di Kabupaten Gowa, oleh Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Pertanian, KIPPK dan Dinas Kehutanan Perkebunan sebagai instansi teknis pelaksana Urusan Pilihan Urusan Pertanian, telah merencanakan dan melaksanakan berbagai Program/Kegiatan dengan alokasi anggaran Program/Kegiatan Urusan Pilihan Urusan Pertanian yang direncanakan akan dicapai dan telah dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Gowa pada T.A. 2010 sebesar Rp. 7.101.434.742,- dan yang terealisasi  Rp. 6.819.748.358,- atau 96,03% dari alokasi anggaran.

 

Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Program/Kegiatan Urusan Pilihan  Urusan Pertanian, dialokasikan anggaran Program Belanja Tidak Langsung melalui kegiatan belanja pegawai, dengan alokasi anggaran   Rp. 9.233.582.879,- dan terealisasi Rp. 7.215.987.713,- atau 78,15% dari alokasi anggaran.

Dari upaya-upaya pelaksanaan Program/Kegiatan urusan Pertanian oleh Dinas Pertanian, KIPPK dan Dinas Kehutanan Perkebunan Kabupaten Gowa, Kabupaten Gowa pada tahun 2010 diraih hasil/prestasi, yaitu Tersusunnya pemetaan dan sistem informasi lahan.

URUSAN KEHUTANAN

SKPD Penyelenggara Urusan Pilihan Urusan Kehutanan adalah Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Kabupaten Gowa. Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Kabupaten Gowa sebagai instansi teknis yang diserahi melaksanakan Urusan Pilihan Bidang Kehutanan, telah merencanakan dan melaksanakan Program/Kegiatan dengan alokasi anggaran Program/Kegiatan Urusan Pilihan Urusan Kehutanan yang direncanakan akan dicapai dan telah dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Gowa pada T.A. 2010 sebesar Rp. 2.722.529.386,- dan yang terealisasi Rp. 2.674.912.053,- atau 98,25% dari alokasi anggaran.

Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Program/Kegiatan Urusan Pilihan Urusan Kehutanan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, dialokasikan anggaran Program Belanja Tidak Langsung melalui kegiatan belanja pegawai, dengan alokasi anggaran Rp. 6.642.877.120,- dan terealisasi Rp. 7.968.742.430,- atau 119,96% dari alokasi anggaran.

Dari upaya-upaya pelaksanaan Program/Kegiatan Urusan Pilihan Urusan Kehutanan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa pada tahun 2010 diraih  hasil/prestasi, yaitu :

1)      Mempercepat rehabilitasi lahan krisis dalam kawasan hutan, telah memberikan kesempatan kepada Koperasi Terpadu Punggawa D’Emba untuk melakukan pengolahan lahan kritis

2)      Terselenggaranya pelestarian hutan dan lahan.

3)      Mencegah adanya penebangan hutan secara liar.

URUSAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

SKPD penyelenggara Urusan Pilihan Urusan Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Gowa.

Pemerintah Kabupaten Gowa dengan melalui Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Gowa sebagai instansi yang diserahi tugas menangani Urusan Energi dan Sumber Daya Mineral telah melakukan berbagai Program/Kegiatan dengan alokasi anggaran Program/Kegiatan Uusan Pilihan Urusan Energi dan Sumber Daya Mineral yang direncanakan akan dicapai dan telah dicapai Pemerintah Kabupaten Gowa pada T.A. 2010 sebesar Rp. 1.114.929.800,- dan yang terealisasi Rp. 1.077.152.234,- atau 96,61% dari alokasi anggaran.

Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Program/Kegiatan Urusan Pilihan Urusan Energi dan Sumber Daya Mineral yang direncanakan akan dicapai dan telah dicapai Pemerintah Kabupaten Gowa, dialokasikan anggaran Program Belanja Tidak Langsung melalui kegiatan belanja pegawai ,dengan alokasi anggaran Rp. 1.508.951.198,- dan terealisasi Rp. 1.581.063.846,- atau 104,78% dari alokasi anggaran.

Adapun capaian kinerja pada urusan Energi dan Sumber Daya Mineral adalah Penertiban tambang tanpa ijin dan kontribusi sektor pertambangan terhadap PDRB.

URUSAN PARIWISATA

SKPD penyelenggara Urusan Pilihan Urusan Pariwisata adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gowa.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gowa sebagai instansi yang menangani Urusan Kepariwisataan telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan dengan alokasi anggaran untuk seluruh Program/Kegiatan di Urusan Pariwisata yang direncanakan akan dicapai dan telah dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Gowa pada T.A. 2010 sebesar Rp. 11.317.912.560,- dan yang terealisasi sebesar Rp. 11.196.698.660,- atau 98,93% dari total alokasi anggaran SKPD.

Dari upaya-upaya pelaksanaan Program/Kegiatan Urusan Pariwisata oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gowa pada tahun 2010 diraih  hasil/prestasi, yaitu :

1)      Revitalisasi kawasan Balla Lompoa tahun 2010 yang merupakan mega proyek dengan total dana kurang lebih Rp. 23 milyar merupakan revitalisasi pertama dilakukan semenjak Istana Balla Lompoa dibangun, dimaksudkan untuk menghadirkan kembali sejarah kebesaran Kerajaan Gowa.

2)      Pengembangan obyek wisata alam Dam Bili-Bili, Air Terjun Tangga Seribu, revitalisasi kawasan Danau Mawang dan revitalisasi kawasan air panas Pencong, juga menjadi prioritas utama dalam pembangunan bidang pariwisata kedepan.

3)      Terselenggaranya Peringatan perayaan Maulid yang dirangkaikan dengan Accera Kalompoang.

URUSAN PERDAGANGAN

SKPD penyelenggara Urusan Pilihan Urusan Perdagangan adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gowa.

Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gowa Kabupaten Gowa sebagai institusi yang diserahi tugas melakukan koordinasi perencanaan perdagangan, telah merencanakan dan melaksanakan program/kegiatan dengan alokasi anggaran Program/Kegiatan Urusan Pilihan Urusan Perdagangan yang direncanakan akan dicapai dan telah dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Gowa pada T.A. 2010 sebesar       Rp. 1.258.770.600,- dan yang terealisasi  Rp. 1.152.067.246,- atau 91,52% dari alokasi anggaran.

Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Program/Kegiatan Urusan Pilihan Urusan Perdagangan yang direncanakan akan dicapai dan telah dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, dialokasikan anggaran Program Belanja Tidak Langsung melalui kegiatan belanja pegawai ,dengan alokasi anggaran Rp. 1.420.950.763,- dan terealisasi Rp. 1.778.426.714,- atau 125,16% dari alokasi anggaran.

Dari upaya-upaya pelaksanaan Program/Kegiatan Urusan Pilihan Bidang Perdagangan yang direncanakan akan dicapai dan telah dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Gowa pada T.A 2010 diraih  hasil/prestasi, yaitu:

  • Pengawasan terhadap pedagang melalui tera ulang UTTP (Ukur, Timbang, Takar dan Peralatan) memberikan perlindungan kepada konsumen akan kerugian pada saat berbelanja.
  • Pengawasan terhadap tata niaga barang kebutuhan masyarakat sehingga senantiasa tersedia dengan harga yang layak.
  • Melakukan operasi pasar pada wilayah yang mengalami kelangkaan bahan bakar minyak tanah.

URUSAN INDUSTRI

SKPD penyelenggara Urusan Pilihan Urusan Industri adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gowa.

Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gowa sebagai instansi teknis yang diserahi tugas melakukan koordinasi perencanaan Urusan Industri, telah merencanakan dan melaksanakan program/kegiatan dengan alokasi anggaran Program/Kegiatan Urusan Pilihan Bidang Perindustrian yang direncanakan akan dicapai dan telah dicapai Pemerintah Kabupaten Gowa pada T.A. 2010 sebesar Rp. 215.300.000,- dan yang terealisasi Rp. 133.249.000,- atau 61,89% dari alokasi anggaran.

Dari upaya-upaya pelaksanaan Program/Kegiatan Urusan Pilihan Bidang Perindustrian oleh Pemerintah Kabupaten Gowa pada T.A 2010 diraih  hasil/prestasi, yaitu:

  • Terbinanya pelaku usaha industri kecil dan menengah.
  • Penguatan kelembagaan usaha industri kecil dan menengah.

URUSAN KETRANSMIGRASIAN

SKPD penyelenggara Urusan Pilihan Urusan Transmigrasi adalah Dinas Tenaga Kerja Kependudukan dan Transmigrasi Kabupaten Gowa.

Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Sosial,Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa sebagai instansi yang diserahi tugas melakukan koordinasi perencanaan Urusan Pilihan Urusan Transmigrasi di Kabupaten Gowa, telah merencanakan dan melaksanakan program/kegiatan dengan alokasi anggaran Program/Kegiatan Urusan Pilihan Urusan Transmigrasi yang direncanakan akan dicapai dan telah dicapai Pemerintah Kabupaten Gowa pada T.A. 2010 sebesar Rp. 96.036.000,- dan yang terealisasi Rp. 96.036.000,- atau 100% dari alokasi anggaran.

Dari upaya-upaya pelaksanaan Program/Kegiatan Urusan Pilihan Urusan Transmigrasi oleh Pemerintah Kabupaten Gowa pada T.A 2010 diraih  hasil/prestasi, yaitu:

  • Pengembangan kawasan transmigrasi lokal
  • Tersosialisasinya kebijakan transmigrasi lokal khususnya kepada masyarakat korban bencana alam. (bersambung)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

49 − 48 =