Longsor di Baleangang

Timbun Jalan Setinggi Dua Meter

SUNGGUMINASA———- Hujan deras yang terjadi di dataran tinggi menyebabkan terjadinya longsor di Dusun Baleangang Desa Ulujangang Kec. Bontolempangan, Senin 16/4. Peristiwa tersebut menyebabkan jalan sepanjang 15 meter tertutup dengan ketinggian dua meter. Sementara itu, jalan menuju ibukota kecamatan terhambat total.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Abd Latif HS, langsung melakukan pemantauan di lapangan dengan berkoordinasi pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU), untuk sesegera mungkin membuka akses jalan.‘’Kami sedang berada di lapangan melihat kejadian yang sebenarnya, bersama masyarakat dan Dinas PU untuk membuka akses jalan itu,’’ ujarnya, Selasa kemarin.

Dia juga menjelaskan kalau telah terjadi penggerusan pada bahu jalan yang menyebabkan jalan tersebut tidak bisa lagi dilewati kendaraan roda empat. Akibatnya poros Lauwa ke Bontolempangan putus total. Padahal ini merupakan jalan satu-satunya menuju kota kecamatan.

Sementara itu, Kadis PU Amin Yakob menjelaskan kalau pihaknya telah menurunkan alat berat untuk memindahkan material tanah yang menimbun jalan tersebut. ‘’Kami akan bekerja maksimal untuk memindahkan tanah-tanah itu,’’ katanya.

Abd Latif juga menilai, potensi longsoran terjadi disebabkan tingginya debit air hujan sementara tingkat kemiringan tanah cukup besar. Karena itu, dia mengingatkan warga disekitar daerah tersebut untuk tetap waspada. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

47 − = 46