Maudu Adaka Ri Gowa Berlangsung Meriah

Masyarakat Gowa, beramai-ramai mengambil bakul maudu sebagai simbol kegembiraan -Foto/Humas-

SUNGGUMINASA—-Pemerintah Kabupaten Gowa bersama dengan masyarakat Gowa menggelar agenda tahunan Maudu Adaka Ri Gowa. Kegiatan yang diawali dengan prosesi barasanji di Balla Lompoa kemudian berlanjut kegiatan seremonial yang berlangsung di Lapangan Discovery Syekh Yusuf (5/2).

Ratusan warga masyarakat Gowa sejak pagi hari telah berkumpul bersama dengan para pejabat dan pimpinan SKPD yang hadir dengan menggunakan baju adat. Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo bersama Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo dengan jajaran Muspida turut larut dalam perayaan tahunan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo mengatakan peringatan Maudu Adaka Ri Gowa merupakan upaya memelihara nilai-nilai budaya di masyarakat Gowa. “Peringatan ini sarat makna mengandung nilai-nilai kebersamaan, semangat dan persatuan,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama Gubernur Sulsel juga mengigatkan masyarakat Gowa kaya akan filosofi hidup. “ Mari kita selalu menjaga keteraturan, kedamaian dan menjunjung kebenaran ri butta Gowa,” tambahnya.

Ketua MUI Sulsel, AGH (KH) Muh Sanusi Baco LC ditunjuk membawakan hikmah maulid Nabi Muhammad SAW. Mengajak hadirin untuk lebih mengenal keteladanan Rasulullah SAW dalam semua aspek kehidupannya sebagai wujud cinta kepada baginda Nabi.

Panitia peringatan Maudu Adaka Ri Gowa ini sekaligus menyiapkan dua bakul maudu raksasa yang dipersiapkan untuk diperebutkan oleh warga sebagai simbol kegembiraan dan kebersamaan masyarakat. Selain itu disiapkan pula beras 5 ton yang akan dibagikan secara paket kepada masyarakat di 14 kelurahan di wilayah Somba Opu.

Selain itu peringatan ini diisi dengan perlombaan bakul maudu yang diikuti oleh SKPD Pemkab Gowa, kecamatan serta instansi swasta yang ada di Kab Gowa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + = 20