Menteri Lingkungan Hidup Kunjungi Ponpes Sultan Hasanuddin Gowa

GOWA—Menteri Lingkungan Hidup Indonesia, Balthasar Kambuaya melakukan kunjungan kerja di Pondok Pesantren (Ponpes) Sultan Hasanuddin, Caddika, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sabtu (14/9).

Kunjungan Menteri LH ini diterima langsung oleh Ketua Yayasan Ponpes Sultan Hasanuddin, Hj Sufianah Mansyur didampingi Direktur Ponpes Sultan Hasanuddin, Firmanullah AM.

Menteri Lingkungan Hidup Indonesia, Balthasar Kambuaya dalam sambutannya menekankan kepada santri dan santriwati Ponpes ini untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Lingkungan hidup tidak memandang agama dan suku apapun, sebab semua orang membutuhkan lingkungan hidup,” pesannya dihadapan ratusan santri dan santriwati serta guru Ponpes Sultan Hasanuddin.

Turut dihadir dalam penerimaan kunker ini anggota Komisi VII DPR RI Asmin Amin, Wakil Bupati Gowa H Abbas Alauddin, Deputi LH, Kepala Badan LH Provinsi Sulsel, Kepala Badan LH Kab Gowa, H Zulkarnain dan Lembaga Mitra Lingkungan Hidup.

Pada kunker ini, Balthasar Kambuaya melakukan penanaman pohon secara simbolis yakni mangga 2 bibit, durian 1 bibit dan
kedondong 1 bibit.

Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin mengatakan, pondok pesantren sebagai elemen sosial memainkan peranan penting dalam pemberdayaan masyarakat. Olehnya itu diharapkan pesantren dalam pendidikan dan pembinaan sekaligus sebagai ujung tombak dalam mempelopori pelestarian lingkungan.

“Masalah lingkungan hidup diharapkan menjadi tanggung jawab semua pihak, pemerintah dan peranan tokoh agama dan para santri. Karena hal ini sudah menjadi masalah umat manusia secara global yang akan mempengaruhi kehidupan makhluk hidup untuk saat ini dan yang akan datang,” imbau Abbas Alauddin kepada semua pihak. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 9 = 90