Musrenbang Bahas Rencana Prioritas Pembangunan Gowa

Musrenbang 2017
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan memberikan sambutan pada acara Musrenbang Kabupaten Gowa Tahun 2017. -foto/humas-

SUNGGUMINASA———Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Gowa Tahun 2017 untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2018 mengangkat tema “Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Peningkatan Kualitas SDM Serta Penguatan Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih dan Efektif berlangsung di Gedung Haji Bate, Kamis (16/3).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa, Taufiq Mursad menjelaskan, Musrenbang yang diawali dari pelaksanaan Musrenbang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, Forum Gabungan OPD, Forum Konsultasi Publik dan Musrenbang Anak ini diharapkan dapat memberikan keluaran berupa kesepakatan tentang rumusan yang menjadi masukan utama untuk memuktahirkan RKPD dan Renja OPD.

“Melalui Musrenbang ini diharapkan dapat dirumuskan penetapan rencana arah kebijakan dan prioritas pembangunan Kabupaten Gowa tahun 2018 yang sumber pembiayaan dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN dan sumber pendanaan lainnya,” kata Taufiq.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang membuka secara resmi Musrenbang Kabupaten Gowa Tahun 2017 ini mengatakan, Musrenbang merupakan forum bersama antar pemangku kepentingan (stakeholder) dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional untuk mensinkronasikan rencana pembangunan pemerintah daerah dengan usulan kebutuhan riil masyarakat.

“Melalui Musrenbang ini, diharapkan Bappeda bisa menjadi fasilitator untuk dapat mempertajam berbagai usulan tersebut, harus mampu bersinergi antar semua tingkat pemerintahan, karena kegiatan ini merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) 2016 – 2021 yang dilaksanakan di semua level pemerintahan,” jelas bupati termuda kawasan timur Indonesia ini.

Bahkan, di akhir sambutannya Adnan juga mengutarakan berbagai rencana prioritas Pemkab Gowa, salah satunya untuk menjadikan Malino sebagai destinasi wisata nasional. “Kami berencana untuk melakukan launching program Beautiful Malino tahun ini dan akan melaksanakan eksebisi selama tiga tahun untuk mendapatkan kalender event pariwisata nasional dari Kementrian Pariwisata untuk mengembangkan potensi-potensi wisata yang didukung dengan pembangunan infrastruktur yang telah kami lakukan dengan pelebaran poros jalan Sungguminasa-Malino yang rencana pengerjaannya dapat selesai tiga tahun mendatang,” urai Bupati Gowa.

Selain renovasi pembangunan Mesjid Agung Syekh Yusuf, orang nomor satu di Gowa ini juga berencana untuk melakukan renovasi Lapangan Syekh Yusuf Discovery. “Lapangan bola yang tadinya berada di lokasi tribun, akan dipindahkan di dekat tugu patonro serta akan dibuat lokasi wisata kuliner tradisional, dimana nantinya para pedagang kaki lima yang telah didata sebanyak 85 orang yang berada di pinggir jalan akan di masukkan ke area Lapangan Syekh Yusuf,” terang Adnan.

Agenda tahunan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Sulsel, Hasbi, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis, para anggota DPRD Provinsi Sulsel dan Kabupaten Gowa, para pimpinan Organisasi Perangkat (OPD) serta seluruh pihak pemangku kepentingan pembangunan Kabupaten Gowa.(vi2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

48 − 41 =