Bupati Buka Musrenbang Kabupaten Gowa Tahun 2014

Ket. Gambar: Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo dan Kepala Bappeda Sulsel, Andi Yaksan Hamzah ketika menghadiri Musrenbang Kabupaten Gowa Tahun 2014. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Gowa Tahun 2014. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo di Gedung Haji Bate, Kamis (13/3).

Musrenbang Kabupaten yang diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan pembangunan daerah dari unsur DPRD, SKPD, Kecamatan dan Organisasi Masyarakat ini merupakan rangkaian proses atau mekanisme musyawarah perencanaan pembangunan yang difasilitasi oleh Pemkab Gowa dengan diawali dengan pelaksanaan Musrenbang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan dan Forum Gabungan SKPD yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

Sekretaris Bappeda, Hj Layla Azis Hamrat mengatakan Musrenbang dimaksudkan untuk mendekatkan perencanaan dengan penerima manfaat yang diharapkan menghasilkan manfaat nyata. “Keluaran dari Musrenbang ini adalah kesepakatan tentang penetapan rencana arah kebijakan dan prioritas pembangunan tahun 2015, serta daftar program/kegiatan prioritas yang sudah dipilah berdasarkan sumber pembiayaan dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN dan sumber pendanaan lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo menggambarkan secara ringkas pencapaian pembangunan yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Gowa, sesuai data BPS Kabupaten Gowa, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) naik dari 71,29% tahun 2011 menjadi 71,60% tahun 2012. Begitupun dengan kondisi perekonomian yang terus membaik dengan PDRB atas dasar harga berlaku naik dari 5,93 triliun rupiah tahun 2011 menjadi 6,79 triliun rupiah tahun 2012.

“Pertumbuhan tersebut diikuti oleh kenaikan pendapatan per kapita penduduk, yaitu dari 8,99 juta rupiah tahun 2011 menjadi 10,12 juta rupiah tahun 2012, capaian ini mencerminkan kondisi perekonomian kita yang semakin baik,” terang Ichsan dihadapan Kepala Bappeda Sulsel, Andi Yaksan Hamzah beserta seluruh peserta Musrenbang.

Bupati berharap agar Musrenbang ini menghasilkan dokumen perencanaan pembangunan yang semakin berkualitas sebagai pedoman dalam penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2015. “Musrenbang ini juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk mengkritik pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus bersama-sama membangun sinergitas dalam menentukan arah perbaikan pembangunan,” harap Bupati dua periode ini. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 4 =