Musrenbang Sebagai Penentu Perencanaan Pembangunan

edit1

SUNGGUMINASA—–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Gowa Tahun 2015. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo di Gedung Haji Bate, Kamis (12/3).

Musrenbang Kabupaten yang diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan pembangunan daerah dari unsur DPRD, SKPD, Kecamatan dan Organisasi Masyarakat ini turut dihadiri jajaran muspida Kabupaten Gowa, Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin, Sekkab Gowa, H Baharuddin Mangka, Staf Ahli Bidang Pembangunan Pemprov Sulsel, Dr Abd Haris dan Kepala Bappeda Kab Gowa, H Muchlis.

Kepala Bappeda Kab Gowa, H Muchlis mengatakan Musrenbang
ini merupakan rangkaian proses atau mekanisme musyawarah perencanaan pembangunan yang difasilitasi oleh Pemkab Gowa. “Kegiatan ini telah diawali dengan pelaksanaan Musrenbang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan dan Forum Gabungan SKPD yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu,” terang Muchlis.

Sementara itu, Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo menjelaskan, Musrenbang ini merupakan implementasi dari amanah Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan. “Disinilah posisi strategis untuk menentukan arah perencanaan pembangunan suatu wilayah,” ungkap Ichsan ketika membuka Musrenbang Kabupaten Gowa tahun 2015.

Bahkan, bupati dua periode ini juga menitipkan pesan pada jajaran Pemkab Gowa sehingga di tahun 2015 ini bisa kembali meraih Opini WTP Tanpa Paragraf atas pengelolaan keuangan daerah tahun 2014 dari BPK dan harus lebih fokus pada pembangunan kawasan Maminasata yang pada tahun 2016 merupakan titik awal dimulainya pembangunan kawasan tersebut.

“Saya harap Musrenbang ini lebih fokus pada program pertumbuhan kawasan Maminasata agar Gowa bukan hanya menjadi sub pertumbuhan tetapi pada tahun 2016 Gowa menjadi pertumbuhan utama kawasan Maminasata,” harapnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + = 16