Pangeran Malaysia Jadi Irup Pergantian Jaga Pasukan Tubarani

Pergantian Jaga
Raja Muhammad Ridzuan Bin Raja Azhar bertindak sebagai inspektur upacara pada upacara penurunan bendera dan pergantian jaga pasukan tubarani. -foto/humas-

GOWA—–Upacara penurunan bendera sekaligus pergantian jaga pasukan tubarani Museum Istana Balla Lompoa yang berlangsung di pelataran Museum Istana Balla Lompoa, Sabtu (17/2) tampak menarik.

Pasalnya yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah seorang putra Raja Kesultanan Hasanuddin Keturunan Raja Sakti Malaysia, Raja Muhammad Ridzuan Bin Raja Azhar yang merupakan putra Tuanku Karameng Sakti Raja Azhar.

Dengan bahasa Makassar yang terbata-bata dan mengenakan pakaian adat khas Melayu, Raja Ridzuan memberikan instruksi kepada Pimpinan Pasukan Tubarani untuk melakukan prosesi penurunan bendera dan pergantian jaga yang keseluruhan menggunakan bahasa Makassar.

Agenda rutin Pemkab Gowa ini dilaksanakan setiap tanggal 17 pada setiap bulannya dimana secara bergantian Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, jajaran forum koordinasi pimpinan daerah dan para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa menjadi inspektur upacara.

Kegiatan ini ditandai dengan adanya puluhan pasukan tubarani mengenakan pakaian adat warna merah lengkap bersama senjata khasnya memasuki lapangan upacara diiringi dengan taluhan gendang.

Prosesi penurunan bendera sekaligus pergantian jaga ini bertepatan dengan dua tahun masa pemerintahan bupati dan wakil bupati sehingga dihadiri langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Wakil Bupati Gowa, H Abdul Rauf Malaganni, jajaran forum koordinasi pimpinan daerah Kabupaten Gowa, para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa serta rombongan Kesultanan Hasanuddin Keturunan Raja Sakti Malaysia yang merupakan tamu kehormatan pada acara ini.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 4 =