Pembakaran Gogos Kampili Terpanjang Warnai HJG Ke-696

Pembakaran Gogos Terpanjang
Pembakaran terpanjang gogos Kampili warnai Hari Jadi Kabupaten Gowa Ke-696 Tahun 2016 di Kecamatan Pallangga. -foto/humas-

PALLANGGA—–Desa Kampili Kecamatan Pallangga terkenal akan gogosnya. Selain karena banyaknya penjual gogos yang bisa ditemui di desa itu, gogosnya pun terkenal enak dimakan berpasangan dengan telur asin.

Untuk membuatnya lebih terkenal, Pemerintah Kecamatan Pallangga menggelar pembakaran gogos terpanjang yang diprakarsai Pemerintah Kecamatan Pallangga dan berlangsung di Kantor Camat Pallangga, Rabu (9/11).

Camat Pallangga, Kamsinah mengatakan gogos Kampili sengaja dipilih untuk dipromosikan karena sangat terkenal di Gowa. “Pemerintah Kecamatan Pallangga dan masyarakat memilih gogos Kampili yang sangat terkenal di Gowa karena ingin mempromosikan gogos ini agar tidak hanya terkenal di Gowa tetapi juga dapat dikenal di luar daerah,” ujarnya.

Gogos ini berbahan dasar beras ketan baik ketan hitam maupun putih yang dimasak bersama santan kemudian dibungkus menggunakan daun pisang lalu dibakar. Gogos biasanya dimakan bersama dengan telur asin, serundeng ataupun ikan asin.

Sesuai dengan usia Kabupaten Gowa, maka sebanyak 696 orang yang merupakan perwakilan dari 16 desa dan kelurahan, para kepala sekolah, instansi terkait dan masyarakat Kecamatan Pallangga ikut ambil bagian membakar gogos sebanyak 5.000 buah tersebut.

Kegiatan ini menjadi semakin unik dan menarik karena perwakilan dari 16 desa kelurahan yang membakar gogos menggunakan kostum baju adat.

“Kegiatan pembakaran gogos ini dikatakan terpanjang karena banyak orang yang membakar dan banyak pembakaran yang digunakan, kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Jadi Gowa Ke-696 Tahun,” kata Camat Pallangga, Hj Kamsinah.

Camat Pallangga berharap kegiatan seperti ini tiap tahun dapat dilaksanakan. “Saya harap kegiatan ini dapat dilestarikan oleh camat-camat yang akan datang khususnya dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Gowa,” pesan Kamsinah.

Pada kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penerimaan Tim Penilai Kecamatan Sehat yang dipimpin oleh Zainal Untung bersama enam orang anggota, untuk melakukan verifikasi dan penilaian Kecamatan Sehat yang akan meninjau Sekretariat Forum Kecamatan Pallangga, lokus 16 pokja yang diwakili 1 (satu) pokja di Desa Je’netallasa, sekolah sehat dan lingkungan sehat di Kecamatan Pallangga.

Lebih memeriahkan acara maka panitia memilih pemenang yang diraih oleh Juara 1, 2 dan 3 masing-masing Desa Bontoala, Taeng dan Kampili. Sedangkan, Juara Harapan 1, 2 dan 3 diraih oleh Desa Toddotoa, Bontoramba dan Je’netallasa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

66 + = 73