Pemkab Gelar Musrenbang Tahun 2012



Ket.Gambar: Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo dan jajaran muspida menghadiri Musrenbang Pemkab Gowa Tahun 2012. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Gowa Tahun 2012 di Gedung Haji Bate, Selasa (20/3). Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo membuka secara resmi kegiatan yang merupakan tahapan akhir dari rangkaian proses musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kabupaten yang telah diawali dari pelaksanaan Musrenbang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan dan Forum SKPD.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan H Tan Malaka Guntur, Kepala Bappeda Kab Gowa H Baharuddin Mangka, jajaran Muspida, para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Kepala Bappeda Kab Gowa, H Baharuddin Mangka menjelaskan, tujuan pelaksanaan Musrenbang ini adalah untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan kabupaten dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah provinsi, mengklarifikasi usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kecamatan dan Forum SKPD dan mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas kabupaten, serta menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas tahun 2013.

Musrenbang ini diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan pembangunan daerah, yang terdiri dari Para Ketua Komisi, Anggota DPRD, SKPD, Perwakilan Tim Perumus/Delegasi Kecamatan, Organisasi Profesi, LSM, Organisasi Wanita/Perempuan, Organisasi Masyarakat dan Organisasi Pemuda serta Stakehoulder lainnya, dan akan dikelompokkan menjadi 3 kelompok diskusi yaitu Bidang Ekonomi, Bidang Sosial Budaya, dan Bidang Infrastruktur. “Setelah pelaksanaan Musrenbang ini, akan ditindaklanjuti dengan kegiatan Penyusunan Rancangan Akhir RKPD Kabupaten Gowa Tahun 2013,” jelas Baharuddin Mangka.

Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo mengatakan, pada tahun 2010 dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,07% kita berhasil meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat dari Rp 6.981.294,- naik menjadi Rp 7.790.901,- atau meningkat sebesar 11,6%. “Berbagai keberhasilan Pemerintah Kabupaten Gowa menjadi bukti nyata bahwa program-program Pro Rakyat seperti pendidikan dan kesehatan gratis serta berbagai terobosan inovatif lainnya telah membawa kita pada kondisi kehidupan yang lebih baik,” ujar Ichsan.

Bupati berharap, Musrenbang ini dapat menghasilkan dokumen perencanaan pembangunan yang semakin baik dan menjadi pedoman dalam penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2013. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 × = 8