Pemkab Gowa Gelar Bimtek Manajemen Pengadaan Barang/Jasa

Bimtek Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa
Penjabat Bupati Gowa, H Muh Sidik Salam membuka acara Bimtek Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa Lingkup Pemkab Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Bagian Administrasi Pembangunan Setkab Gowa menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Pengadaan Barang/Jasa Lingkup Pemkab Gowa Tahun 2015 yang berlangsung di Hotel Grand Imawan, Makassar, Selasa (15/9).

Bimtek yang diikuti sebanyak 114 peserta dari masing-masing SKPD lingkup Pemkab Gowa ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Gowa, H Muh Sidik Salam. Turut hadir dalam pembukaan bimtek ini Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setkab Gowa, Andi Idil Hafid dan para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Kepala Bagian Adm Pembangunan, Andi Idil Hafid menjelaskan, bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis dan keterampilan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan calon PPK dalam hal tugas, fungsi dan kewenangannya dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Pelaksanaan bimtek ini diharapkan dapat menciptakan pemahaman yang sama atas proses, tata cara dan mekanisme pengadaan barang dan jasa, sehingga dapat tercipta sinergitas antara PPK dengan pejabat lainnya dalam organisasi pengadaan barang dan jasa sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” jelas Andi Idil Hafid.

Sementara itu, Sidik Salam mengatakan, salah satu aspek penting dalam menentukan tingkat daya guna dan hasil guna penyelenggaraan pemerintahan daerah adalah efektifitas dan efisiensi pengelolaan dan penggunaan anggaran. “Untuk mewujudkan harapan ini dibutuhkan aparatur yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengadaan barang dan jasa pemerintah, sehingga diharapkan seluruh peserta bimtek nantinya mampu melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa di SKPDnya masing-masing secara benar dan tidak melanggar aturan yang berlaku,” harap Penjabat Bupati Gowa kepada para peserta Bimtek.

Pada kesempatan ini, Sidik Salam juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia atas sinergitasnya dengan pemerintah daerah, khususnya dalam memfasilitasi kami dalam bentuk penyediaan narasumber/pengajar yang berkompeten dalam bidang pengadaan barang dan jasa.

“Kegiatan ini merupakan sarana strategis guna memberikan pemahaman yang sama dan komprehensif kepada para peserta tentang tata cara pengadaan, wewenang, tugas dan tanggungjawab masing-masing pihak dalam organisasi pengadaan barang dan jasa khususnya bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK),” tambah Sidik Salam.

Materi Bimtek yang berlangsung selama tiga hari yakni sejak tanggal 15 hingga 17 September mendatang ini dibawakan langsung oleh narasumber dari pihak Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 1