Sungguminasa —- Pemerintah Kabupaten Gowa memperingati Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabupaten. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Sekretarias Daerah Kab Gowa, H. Achmad Syahsir serta diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemkab Gowa. Peringatan ini berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Selasa pagi (1/10).

Hari Kesaktian Pancasila tahun 2013 mengambil tema mewujudkan nilai-nilai Pancasila sebagai kepribadian bangsa. Tema ini mengandung makna memperkokoh Pancasila sebagai sumber nilai jatidiri bangsa dan sebagai pondasi sekaligus acuan dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera bersama tiga pilar dan konsesus nasional yaitu UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

H. Achmad Syahsir saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan,” era globalisasi cenedrung menguat merupakan nilai-nilai lintas batas antar bangsa baik secara geografis, demografis maupun psikografis. Sejarah mencatat hanya bangsa yang memiliki ideologi yang kuat yang mampu bertahan. Kita Bangsa Indonesia bersyukur memiliki Pancasila yang membuat kita mampu menjaga jati diri bangsa. Pancasila merupakan hasil perumusan dari consensus nasional” urainya dihadapan Muspida dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Kepribadian suatu bangsa dipengaruhi oleh nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat itu sendiri. Juga dipengaruhi oleh bangsa-bangsa lain sebagai akibat interaksi dinamis. ” Bangsa yang berkepribadian adalah bangsa yang mampu menunjukkan karakternya tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain. Tantangan kita sebagai bangsa Indonesia bagaimana mampu mempertahankan nilai-nilai pancasila sesuai dengan konteks dan perkembangan zaman.” tambahnya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila haruslah dipandang sebagai upaya melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai yang teruji.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

× 8 = 48