Pemkab Gowa Sosialisasikan PPIP

Ket.Gambar: Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo menyerahkan secara simbolis Buku Pedoman Pelaksanaan PPIP kepada Camat Bontonompo Selatan. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Pekerjaan Umum menggelar Sosialisasi Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) Tingkat Kabupaten Gowa Tahun 2013 di Baruga Krg Pattingngalloang, Kantor Bupati Gowa, Jum’at (6/9).

Sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo ini turut dihadiri Kepala Dinas PU Kab Gowa, H Amin Yakub beserta jajarannya dan diikuti sebanyak 60 peserta yang terdiri dari camat, kepala desa, tim satker PPIP Provinsi Sulsel, tim satgas PPIP Sulsel, tim ahli manajemen kabupaten, fasilitator dan tim pelaksana kegiatan.

Kepala Dinas PU Kab Gowa, H Amin Yakub menjelaskan, tujuan sosialisasi ini untuk menciptakan persamaan persepsi bagi para pemangku kepentingan tentang kriteria yang harus dipenuhi desa sasaran PPIP Kabupaten Gowa, meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyediaan infrastruktur pedesaan dan menjelaskan bahwa Pemerintah Desa akan bertanggungjawab untuk melakukan Sosialisasi Program di tingkat desa.

“Output yang diharapkan setelah kegiatan ini selesai yakni meningkatkan akses masyarakat miskin terhadap infrastruktur dasar di wilayah pedesaan seperti, air minum, sanitasi, infrastruktur jalan, jembatan dan irigasi serta meningkatnya akses masyarakat ke pusat kegiatan perekonomian,” terang Amin Yakub dihadapan para peserta.

Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo mengaku bersyukur 12 kecamatan dan 27 desa di Kabupaten Gowa menjadi sasaran PPIP dan berharap para camat, kepala desa, masyarakat dan pihak terkait dapat saling bersinergi dengan program yang sudah dicanangkan oleh daerah sehingga dapat menunjang percepatan target kinerja untuk mensejahterakan rakyat. “Saya harap kita saling bersinergi untuk menjaga dan mensukseskan PPIP ini,” pesannya.

Ichsan menambahkan, masyarakat setempat harus mampu menjadi pemeran utama dalam arti masyarakat terlibat secara aktif dalam seluruh kegiatan PPIP mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan.

Kedua belas kecamatan yang menjadi sasaran PPIP adalah kecamatan Bajeng, Bajeng Barat, Pallangga, Bontonompo Selatan, Pattallassang, Manuju, Tinggimoncong, Parigi, Bontolempangan, Tombolopao, Biringbulu dan Tompobulu. Pada kesempatan ini,

Bupati Gowa menyerahkan secara simbolis Buku Pedoman Pelaksanaan PPIP kepada Camat Bontonompo Selatan, Abdullah Sirajuddin.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

87 − 82 =