Pemkab Gowa-UNM Teken MoU

SUNGGUMINASA—-Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo melakukan penandatanganan MoU dengan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof DR Aris Munandar di Ruang Kerja Bupati Gowa, Kamis (26/1). Turut hadir dalam penandatangan ini Pembantu Rektor IV UNM Prof DR Nurdin Noni, 3 (tiga) orang guru besar UNM, Kepala Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda Kab Gowa H Idris Faisal Kadir dan Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kab Gowa Hj Muliaty Hamka.

MoU ini terkait kurangnya tenaga guru dengan adanya Moratorium Penerimaan CPNS tahun 2012 terhadap daerah-daerah yang menyebabkan Gowa kekurangan 1.062 tenaga guru. Namun, moratorium ini tidak akan mengganggu proses belajar mengajar anak didik di Kab Gowa sebab Pemkab Gowa mengatasinya dengan mengalihkan PNS non-guru menjadi guru dan menjalin kerjasama dengan UNM untuk memberikan pendidikan Akta IV kepada para PNS non-guru tersebut.

Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo mengatakan, kerjasama dengan UNM merupakan upaya-upaya Pemerintah Kabupaten Gowa dalam rangka untuk pemenuhan tenaga guru secara kualitas dan kuantitas yang nantinya berimbas pada kualitas anak didik dalam memperbaiki daerah dan negara ini.

“Saya berharap dengan kerjasama ini dapat memperbaiki mainset dan idealisme anak bangsa untuk perfektif 20 tahun ke depan dan perbaikan sistem pendidikan ini dimulai dengan UNM, jadi tidak salah kalo Gowa menandatangi MoU dengan UNM supaya orang Gowa bisa semakin berkarakter dan cerdas,” ujar Ichsan.

Rektor UNM, Prof DR Aris Munandar menjelaskan, kerjasama dengan Gowa ini agak spesifik untuk memenuhi kekurangan tenaga guru, ikhtiar ini agak berbeda karena perekrutan guru berasal dari PNS non guru yang kurang produktif dan dioptimalkan untuk menjadi guru dengan mengikuti pembekalan dan praktek-praktek di sekolah dalam jangka waktu 6 bulan.

“UNM akan memberikan pelayanan akta mengajar yang terbaik bagi mereka yang nantinya akan mengikuti program ini sehingga kekurangan guru diharapkan dapat terpenuhi dengan adanya kerjasama ini,” jelas Aris Munandar.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

96 − 95 =