Pemkab Maluku Tenggara Barat Kunjungi Gowa

Ket.Gambar: Jajaran BPKAD Kabupaten Maluku Tenggara Utara saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku Utara melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Gowa. Rombongan berjumlah 15 orang ini diterima langsung oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkab Gowa, H Hairil Muin di Baruga Krg Pattingaloang, Senin (26/5).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Maluku Tenggara Barat, D.A.T Sabono menjelaskan, hingga saat ini Kabupaten Maluku Tenggara Barat masih mendapat penilaian Opini Disclamer atas pemeriksaan hasil laporan pengelolaan keuangan daerah berdasarkan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hal inilah yang menjadikan Gowa sebagai daerah tujuan mereka karena menilai Gowa berhasil dalam pengelolaan keuangan daerah dengan pencapaian pemeriksaan hasil laporan keuangan dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Kami ingin belajar mengenai pengelolaan keuangan di Kabupaten Gowa dan berharap pengetahuan yang dimiliki dapat ditransfer kepada kami,  agar dapat diimplementasikan di daerah kami sehingga kami dapat keluar dari Opini Disclamer dan bisa sejajar dengan Gowa yang meraih Opini WTP,” jelas Sabono di hadapan jajaran Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kabupaten Gowa.

Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkab Gowa, H Hairil Muin memaparkan, Pemkab Gowa berhasil meraih hasil pemeriksaan laporan keuangan pada tahun 2011 dengan predikat WTP dengan Paragraf tetapi pada tahun 2012 Pemkab Gowa berhasil melakukan kapitalisasi dan penyusutan aset sehingga mendapat predikat WTP Tanpa Paragraf atau Clean and Clear dari BPK Perwakilan Provinsi Sulsel.

“Kesuksesan yang kami raih ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami karena Kabupaten Gowa merupakan daerah satu-satunya di Indonesia yang meraih predikat tersebut dan merupakan hasil kerja keras seluruh pihak jajaran Pemkab Gowa serta berupaya untuk terus mempertahankannya pada tahun-tahun mendatang,” jelas Asisten III ini .

Rombongan ini pun melakukan diskusi dan tanya jawab secara langsung mengenai pengelolaan keuangan dan aset daerah di Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Gowa untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan yang mereka inginkan secara mendalam. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 3 =