Pemkab Minahasa Tenggara Belajar Program Pendidikan dan Pertanian di Gowa

Humas Gowa—–Pemerintah dan Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Gowa dan diterima langsung Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Jumat (18/12).

Rombongan yang dipimpin langsung Bupati Minahasa Tenggara, James Sumendap tersebut mengungkapkan alasannya melakukan kunjungan di Kabupaten Gowa.

Menurutnya Kabupaten Gowa salah satu kabupaten yang memiliki potensi daerah yang bisa dicontoh salah satunya di bidang pertanian yakni sebagai lumbung pangan di Sulawesi Selatan.

“Banyak sekali inovasi yang dimiliki oleh Gowa, kedepan kami berencana bisa melakukan kerjasama yang bisa dikembangakan di Minahasa Utara seperti pendidikan dan pertanian,” ungkap James.

Selain itu, ia membeberkan Kabupaten Minahasa Tengggara baru berdiri selama 13 tahun karena merupakan pemekaran dari Minahasa Selatan. Sehingga Gowa yang telah berusia 700 tahun kata James sangat cocok untuk dikunjunginya bersama rombongan.

“Gowa adalah kabupaten yang cukup tua di Sulsel yang berawal dari kerajaan hingga menjadi pemerintahan, kami juga akan belajar mengenai pendidikan yang semoga akan ditindaklanjuti dengan kerjasama antara dua kabupaten ini yang berdampak baik juga terutama bagi kami yang baru jadi kabupaten,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyambut baik kunjungan tersebut dan menjelaskan beberapa program terkait pendidikan dan pertanian.

Adnan menjelaskan bahwa Kabupaten Gowa sejak dulu berfokus pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan investasi pendidikan.

Salah satu bentuk keberhasilan itu, pihaknya meraih penghargaan Ki Hajar Dewantara sebagai kabupaten yang berkomitmen mengalokasikan 20 persen dari APBD untuk pendidikan.

“Saat ini hingga di masa yang akan datang kami terus berfokus pada pengembangan SDM. Seperti satu-satunya di Sulsel yang memberikan pendidikan gratis ful bagi tingkat SD, SMP dan SMA, investasi SDM dengan menyekolahkan anak Gowa untuk berkuliah di Universitas ternama di Indoensia dimana semua biaya ditanggung oleh Pemkab Gowa,” jelasnya.

Tak hanya itu bahkan kedepan untuk memaksimalkan ADD dan Dana Kelurahan untuk pendidikan, nantinya anak berprestasi di desa atau kelurahannya untuk dikuliahkan ke kampus terbaik di Makassar menggunakan anggaran tersebut.

Sementara di bidang pertanian, Gowa merupakan salah satu lumbung pangan di Sulsel, bahkan telah memberikan kebutuhan pangan di beberapa provinsi seperti Kalimantan, Papua dan Sulawesi Barat.

Pada kunjungan ini Bupati Gowa turut didampingi beberapa SKPD lingkup Pemkab Gowa yakni Asisten Bidang Pemerintahan, Muhammad Rusdi, Kadis Pendidikan, Salam, Kepala BKPSDM, Muh Basir, Kadis PMPTSP, Indra Setiawan Abbas, Kasatpol PP, Alimuddin Tiro.(NH)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

− 1 = 3