Pemkab Peringati HUT Pemadam Kebakaran Ke-98

HUT Pemadam Kebakaran
Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni bertindak sebagai irup pada Upacara Peringatan HUT Pemadam Kebakaran Ke-98 Tahun 2017 Tingkat Kabupaten Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni bertindak sebagai inspektur upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran Ke-98 Tahun 2017 Tingkat Kabupaten Gowa yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Gowa, Senin (6/3).

Upacara ini diikuti oleh puluhan staf pemadam kebakaran, para pejabat eselon II, III dan IV serta para PNS lingkup Pemkab Gowa. Turut pula hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Gowa, Rostam Razak.

Wakil Bupati Gowa dalam sambutannya mengatakan, tanggal 1 Maret merupakan hari bersejarah bagi petugas pemadam kebakaran yang dahulu dikenal dengan sebutan Brandweer, yang telah memberi pelayanan pencegahan, pemadaman kebakaran dan penyelamatan terhadap korban kebakaran dan bencana lainnya.

“Petugas Pemadam Kebakaran memiliki peran yang amat mulia dalam melakukan perlawanan terhadap kobaran api, baik di pemukiman penduduk, bangunan gedung publik, pabrik atau industri, pasar, hutan dan lahan gambut”, jelasnya.

Abd Rauf juga menambahkan, Dinas Pemadam Kebakaran bukan hanya terfokus pada pemadaman saja, tetapi petugas pemadam kebakaran melakukan penyelamatan pada harta benda, baik pada waktu kebakaran, melakukan pertolongan keselamatan jiwa manusia, kecelakaan kereta, tertimpa pohon tumbang, terserang binatang buas dan berbisa lainnya.

“Dalam Peringatan HUT Pemadam Kebakaran ini juga, pemerintah mengajak seluruh lapisan masyarakat melakukan gerakan perang terhadap kebakaran dengan mengedepankan tindakan preventif, atau pencegahan daripada responsif kebakaran yang dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian materi, kehilangan pencaharian, kemunduran ekonomi, kerusakan lingkungan dan bahkan terkhusus kebakaran hutan dan lahan gambut yang dapat menimbulkan bencana pencemaran udara,” tambah Wabup Gowa.

Wabup juga berharap agar para petugas pemadam kebakaran siap siaga, jangan lengah, harus cepat dan tanggap dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, merealisasikan tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran, serta terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas personil dan kelembagaan Damkar sesuai dengan mottonya “Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya”.(vi2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 77 = 82