Ket.Gambar: Sekkab Gowa, H Baharuddin Mangka menyerahkan cinderamata kepada Kepala Dikorda Kabupaten Pinrang, Andi Rudi Hamid. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, Provinsi Jawa Tengah dan Pemkab Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Gowa. Kedua rombongan ini diterima secara bersamaan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Baharuddin Mangka di Baruga Krg Pattingngalloang, Selasa (3/6).

Pemkab Rembang yang dipimpin oleh Kepala Bappeda Kabupaten Rembang, Hari Susanto menjelaskan, Pemkab Rembang sangat terkesan dengan konsep pendidikan yang diterapkan di Kabupaten Gowa mulai dari program pendidikan gratis hingga Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) yang lebih dikenal dengan sistem pendidikan yang tidak kenal tinggal kelas. “Begitu banyak prestasi yang diraih Kabupaten Gowa sejak 2005, maka dari itu kami ingin belajar dan memotret apa yang terjadi dengan pengelolaan pendidikan di Gowa sedetil-detilnya untuk kami adopsi di Kabupaten Rembang,” terang Hari Susanto.

Sementara itu, Pemkab Pinrang yang dipimpin oleh Kepala Dikorda Kabupaten Pinrang, Andi Rudi Hamid bertujuan untuk mendapatkan penjelasan dan arahan Pemkab Gowa terkait pemenuhan kebutuhan tenaga guru dengan pengalihan PNS non-guru menjadi guru yang telah diterapkan Pemkab Gowa, mengingat saat ini Pinrang masih kekurangan tenaga guru.

Sekkab Gowa, H Baharuddin Mangka menjelaskan kepada kedua rombongan pemerintah daerah tersebut mengenai berbagai pelaksanaan pendidikan di Kabupaten Gowa. Pendidikan Gratis didukung dengan peraturan tegas tentang larangan berbagai pungutan oleh pihak sekolah yang dituangkan dalam Perda Nomor 4 Tahun 2008 tentang Pelaksanaan Pendidikan Gratis.

Bahkan Sekkab juga memaparkan mengenai pelaksanaan SKTB yang sudah berjalan sejak 2011 dengan menjalin kerjasama dengan puluhan perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di seluruh Indonesia serta mengenai keberadaan Satpol Pendidikan yang ditempatkan di masing-masing sekolah yang ada di Kabupaten Gowa.

“Sementara untuk pemenuhan kebutuhan tenaga guru, Pemkab Gowa melakukan terobosan baru dengan melakukan pengalihan PNS dari berbagai instansi non-guru menjadi guru. Program ini merupakan kerjasama antara Universitas Negeri Makassar (UNM) dengan Pemkab Gowa,” papar Baharuddin Mangka di hadapan para rombongan Pemkab Rembang dan Pinrang.

Kedua rombongan ini pun saling berdiskusi secara mendalam dengan Sekretaris Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda (Dikorda) Kabupaten Gowa, H Sappe Mangiriang beserta jajarannya.(*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

17 − = 10