Pemkab Tapin Belajar Pendidikan Gowa

Rasul (1)

SUNGGUMINASA—-Pemerintah Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Gowa. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin, H Juaini ini diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda (Dikorda) Kabupaten Gowa, H Idris Faisal Kadir di Ruang Rapat Wakil Bupati Gowa, Kamis (4/12).

Kadis Pendidikan Kabupaten Tapin, H Juaini menjelaskan, Kabupaten Gowa merupakan daerah yang dinilai berhasil dalam penyelenggaraan pendidikan dengan berbagai inovasi yang telah diterapkan. “Tujuan kami bersama para kepala sekolah dan anggota DPRD Kabupaten Tapin untuk belajar penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas di Gowa,” ujarnya. Kadis

Dikorda Kabupaten Gowa, H Idris Faisal Kadir yang didampingi Sekretaris Dikorda, Sappe Mangiriang memaparkan berbagai inovasi pendidikan di Kabupaten Gowa sejak masa kepemimpinan Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo mulai dari program Pendidikan Gratis, Wajib Belajar, Satpol Pendidikan, Punggawa D’Emba hingga Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB).

Pemaparan Idris tersebut, menuai pujian dari jajaran Pemkab Tapin. Bahkan, mereka sangat antusias mengikuti jalannya dialog dan tanya jawab dengan jajaran Pemkab Gowa guna mendapatkan informasi dan sharing pengalaman dalam penyelenggaraan pendidikan di daerah masing-masing. “Gowa berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan mengurangi beban masyarakat melalui pendidikan gratis yang telah dilaksanakan pada tahun 2007 dan diperkuat dengan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2008 tentang Pendidikan Gratis dimana tidak ada pungutan sama sekali” jelas Idris.

Idris Faisal Kadir menambahkan, keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Gowa ini juga telah mendapat apresiasi dari Kementrian Pendidikan beberapa waktu yang lalu dengan meraih Penghargaaan Ki Hajar Dewantara atas penggunaan IT melalui program Punggawa D’Emba yang diterapkan di sekolah-sekolah negeri di Kabupaten Gowa.

Pada kesempatan ini juga, kedua pihak saling bertukar cinderamata. Pemkab Gowa menyerahkan berbagai Perda dan Perbup terkait pendidikan di Kabupaten Gowa.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

26 − 24 =