Pendidikan Gratis Gowa Memikat DPRD Kab Klaten

 

SUNGGUMINASA ——— Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Drs. H. Muh Yusuf Sommeng, Msi menerima kunjungan anggota DRPD Kab Klaten, Jawa Tengah. Kunjungan ini berlangsung di Baruga Pattingngalloang, Senin (23/5). Asisten I, H. Usman Tate, STP beserta pimpinan SKPD turut mendampingi Sekda Gowa menerima rombongan.

Kedatangan rombongan anggota DPRD Kab Klaten berjumlah 29 orang berasal dari Komisi III yang membidangi masalah pembangunan dan infrastruktur serta Komisi IV bagian pendidikan dan kesehatan. Rombongan dipimpin oleh Ketua Komisi III, H. Sri Cahyana, SH. Kunjungan ini guna menimba ilmu sekaligus mengetahui secara langsung pelaksanaan Pendidikan, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan, Pekerjaan Umum dan Lingkungan Hidup yang berlangsung di daerah ini.

Dalam sambutan penerimaannya H. Muh Yusuf Sommeng menjelasakan kalau Pemkab Gowa memililiki kepedulian mewujudkan pendidikan gratis yang direalisasikan melalui Perda Nomor 4 tahun 2008. Perda ini memberi kesempatan kepada anak usia 7-15 tahun untuk mengikuti program Wajib Belajar (Wajar). Saat ini Pemkab Gowa sedang uji coba sistem kelas tuntas yaitu sistem pendidikan yang tidak mengenal tinggal kelas diharapkan adanya peningkatan sumber daya manusia dan tenaga pengajar.

Keberhasilan Pemkab Gowa dalam pelaksanaan pendidikan gratis dan wajib belajar menjadi daya tarik yang sangat besar bagi para anggota dewan yang berkunjung ini. Rombongan sangat antusias untuk mengatahui dan menggali pengalaman Pemkab Gowa serta proses pelaksanaan program pendidikan gratis ini.

Kabupaten Gowa juga merupakan pilot project pengarusutamaan gender tahun 2005. Di tahun 2007 telah diresmikan Gedung Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A). Pusat pelayanan terpadu ini berfungsi untuk menerima pengaduan korban kasus kekerasan bagi ibu dan anak baik secara fisik dan non fisik. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 × 1 =