Pendidikan Untuk Peradaban Indonesia yang Unggul


Sungguminasa—- Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2014 tingkat Kab Gowa mengatakan, ” pendidikan untuk peradaban Indonesia yang unggul dimasa depan tidak sekedar menyiapkan pemimpin yang berkarakter. Namun lebih dari itu dengan merubah peradaban sehingga penguasaan akan profesi masing-masing dapat dilakukan secara professional.” Jelas Ichsan di Lapangan Discovery Syekh Yusuf Jumat (2/5).

Bersamaan dengan hal tersebut orang nomor satu di Gowa ini meminta restu tenaga pendidik dan semua elemen di daerah ini dalam rangka rencana H. Ichsan Yasin Limpo ke Malang dan Yogyakarta. ” Minggu depan saya akan ke Universitas Teknologi Malang dan ke Universitas Gajah Mada (UGM). Kunjungan ini untuk memantapkan sekaligus merealisasikan kerjasama agar kedua universitas ini menerima murid Gowa walaupun tidak lulus Ujian Nasional. Sekaligus memantapkan kerjasama dengan Fakultas Kedokteran UGM,” Jelasnya.

Direncanakan sebanyak 35 siswa Gowa akan melanjutkan pendidikan ke Universitas Teknologi Malang. Mereka merupakan anak-anak Gowa yang lulus seleksi untuk mendapatkan beasiswa hingga selesai masa kuliahnya. Begitupun dengan UGM, Bupati Gowa bersama tim dari Dinas Pendidikan Olahraga dan Pemuda akan mengupayakan sebanyak 20 siswa Gowa dapat melanjutkan di Fakultas Kedokteran dan mendapatkan beasiswa hingga selesai masa pendidikan.

Kabar baik bagi mahasiswa Gowa di Hari Pendidikan Nasional ini, semua Pemerintah Kota dan Kabupaten di Sulawesi Selatan akan menandatangani kesepakatan untuk membayarkan uang semester 3 dan 4 bagi mahasiswanya. “ Saya sangat bersyukur karena rencana Pemkab Gowa untuk membiayai mahasiswa semester 3 dan 4 terealisasi dan bahkan diikuti oleh seluruh kabupaten/kota di provinsi Sulawesi Selatan.” tambah Bupati yang sangat perhatian dengan dunia pendidikan.

Kado manis bagi dunia pendidikan di Gowa juga hadir di Hari Pendidikan Nasional ini. Sebanyak empat orang siswa SMA Negeri 1 Bajeng berhasil meraih lomba tingkat nasional dan internasional. Mereka adalah Indra Rahmadi dan Muhammad Alfian yang meraih juara II lomba sains internasional di Korea lewat penelitian ilmiah mengenai limbah kakao. Siswa lainnya Nur Badri dan Wisnu Adi Agung Nugroho yang menjadi juara III nasional lomba karya maritime Indonesia (Lokarina) yang diselenggarakan oleh ITS.

Peringatan Hardiknas tingkat Kabupaten Gowa juga dimeriahkan dengan perlombaan Nasi Tumpeng tingkat UPTD, dimana UPTD Barombong berhasil meraih juara pertama, sedangkan untuk favorite diraih oleh UPTD Pallangga (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

79 − 78 =