Penyampaian SPT Tahunan di Gowa

Ket.Gambar : Wakil Bupati Gowa, Abd. Razak Badjidu didampingi Ketua DPRD Kab.Gowa, Ansar Usman menyampaikan SPT Tahunan kepada KPP Pratama Bantaeng.

Wakil Bupati Gowa, Abd.Razak  Badjidu beserta jajaran Muspida dan pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa melakukan penyampaian SPT tahunan kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bantaeng., Senin (28/3) di Baruga Krg.Pattingngalloang, Kantor Bupati Gowa.

Kegiatan yang turut dihadiri para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lingkup Pemkab Gowa ini juga dihadiri Kepala KPP Pratama Bantaeng, Syamsinar beserta jajarannya yang bertugas langsung menerima Penyampaian SPT Tahunan dari para pejabat dan pegawai.

Syamsinar dalam sambutannya menjelaskan pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban kenegaraan dan peran serta Wajib Pajak untuk secara langsung dan bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional. SPT Tahunan ini menyangkut masalah pribadi sebagai Wajib Pajak terlepas dari jabat dan fungsinya masing-masing.

Kepatuhan pajak di Gowa mencapai 61,7 persen dari jumlah Wajib Pajak sebesar 33.000 Wajib Pajak dan yang telah melaporkan SPT Tahunan sebesar 14.000 Wajib Pajak.

Penyampaian SPT ini berfungsi untuk melaporkan penghasilan yang diperoleh dalam setahun, melaporkan jumlah harta yang dimiliki sampai akhir pajak yang bersangkutan, dan melaporkan jumlah kewajiban atau utang dari Wajib Pajak yang bersangkutan.

Abd.Razak Badjidu menjelaskan bagi hasil pajak merupakan salah satu sumber pendapatan APBD Kab Gowa sehingga diharapkan kepada para pejabat dan pegawai sebagai Wajib Pajak agar tetap konsisten pada aturan-aturan perpajakan yang berlaku, demi menghindari terjadinya sanksi atau denda.

Proses penyampaian SPT ini diawali oleh Wakil Bupati Gowa, Abd.Razak Badjidu didampingi Ketua DPRD Kab.Gowa, Ansar Usman dan diikuti oleh jajaran Muspida dan para pimpinan SKPD Lingkup Gowa. KPP Pratama Bantaeng juga menyerahkan kenang-kenangan kepada para Wajib Pajak yang telah menyerahkan SPT tahunannya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 4