Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional 2016 di Malino

Peringatan HAKN 2016
Wabup Gowa, H Abd Rauf Malaganni melakukan foto bersama para pemenang lomba dalam rangkaian Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional 2016. -foto/humas-

MALINO—–Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2016 untuk tingkat Sulsel dan Sulbar dipusatkan di Hutan Pinus Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Rabu (10/8) pagi. Peringatan HKAN yang diselenggarakan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulsel bekerjasama dengan Forum Kader Konservasi Indonesia (FKKI) Sulsel didukung oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kanca Ahmad Yani ini dihadiri langsung Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni.

Abd Rauf ketika membacakan sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mengatakan, Peringatan HKAN 2016 yang mengusung tema “Konservasi Untuk Masyarakat” ini merupakan momentum untuk terus memasyarakatkan konservasi alam sebagai komitmen seluruh unsur bangsa.

“Komitmen yang memperkuat tekad kita untuk memelihara sekaligus memanfaatkan potensi kawasan hutan konservasi yang kita miliki sebagai upaya terus menerus dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat,” tegas Wabup dihadapan ratusan orang yang berasal dari Kelompok Pecinta Alam Se-Sulsel dan Sulbar.

Wabup juga mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama mewujudkan komitmen tersebut, selain terus menerus didengungkan, agar tidak lupa dan lengah karena untuk alam ini kita tidak boleh sedikitpun lengah atau lalai, yang dapat berakibat buruk menjadi bencana.

“Dukungan sangat penting dan dibutuhkan dari jajaran pejabat sipil/militer, pusat dan daerah serta komunitas masyarakat, akademisi, profesionalis, aktivis dan para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat serta media merupakan unsur sangat penting dalam upaya kita menjaga alam ini. Mari kita bersama-sama menjaga keutuhan kawasan konservasi dan menghindarkan dari kerusakannya,” imbau Abd Rauf.

Kepala Bidang Teknis BBKSDA Sulsel menjelaskan, Peringatan HKAN ini diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya, Lomba Lintas Alam, Lomba Bersih Gunung, Pembinaan Kader Konservasi, Pameran Tunggal Konservasi dan Sosialisasi Spesies Dilindungi yang telah berlangsung sejak 8 Agustus lalu.

“Kegiatan dalam rangkaian HKAN ini diikuti sebanyak 120 orang peserta dari 30 tim yang merupakan Kelompok Pecinta Alam se-Sulsel dan Sulbar. Kegiatan ini merupakan program nasional dimana untuk tingkat nasional dipusatkan di Bali, sedangkan untuk tingkat Sulsel dan Sulber kami pusatkan di Hutan Pinus Malino,” terang Ferry.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala BBKSDA Sulsel, Doddy Wahyudi, Kepala Dinas Kehutanan Sulsel, Kepala Dinas Kehutanan Kab Gowa, H Muh Yusuf, Kepala BPMPD Kab Gowa, H Muh Asrul, Camat Tinggimoncong, Syamsiar Rahim dan para kader konservasi.

Pada Peringatan HKAN 2016 ini juga dilakukan pelepasan 300 ekor burung sesap madu dan penanaman pohon sebanyak 500 bibit pohon yang terdiri dari dua jenis pohon yakni jabon dan mahoni, Wabup melakukan penanaman pohon secara simbolis.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 3 = 9