Peringatan HUT Otoda dan Linmas di Gowa

Ket Gambar: Wakil Bupati, H. Abd Razak Bajidu membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri pada peringatan HUT Otoda dan Linmas. -Foto/Humas-

SUNGGUMINASA—- Desentralisasi telah menjadi azas penyelenggaraan pemerintahan yang diterima secara universal. Hal ini sesuai fakta bahwa tidak semua urusan pemerintahan dapat diselenggarakan secara sentralisasi, mengingat kondisi geografis, kompleksitas perkembangan masyarakat, kemajemukan struktur sosial dan budaya lokal serta adanya tuntutan demokratis dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Hal ini dikatakan Wakil Bupati Gowa, H. Abd Razak Bajidu saat membacakan sambutan menteri dalam negeri pada peringatan Hari Ulang Tahun Otonomi Daerah ke-16 dan HUT Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke-50. Peringatan ini turut dihadiri Sekda Gowa, H. Muh Yusuf Sommeng, pimpinan SKPD dan PNS Lingkup Pemkab Gowa di Lapangan Kantor Bupati Gowa (25/4).

Lebih lanjut dalam sambutannya, dikatakan bahwa penyerahan sebagian besar urusan pemerintahan kepada pemerintah daerah telah menempatkan Pemkab sebagai ujung tombak pembangunan nasional. “Dalam rangka menghasilkan dampak yang positif dalam pertumbuhan ekonomi daerah yang makin merata, serta berkurangnya tingkat kemiskinan dan pengangguran,” kata H. Abd Razak Bajidu.

Upaya pembenahan birokrasi juga menjadi perhatian dalam sambutan ini, pembenahan birokrasi merupakan hal yang perlu dikedepankan serta dilakukan secara berkesinambungan. Menjdi sangat strategis karena menyangkut perubahan pola pikir dan sikap seluruh aparat pemerintah.

Pemerintah sendiri menyadari implementasi kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah masih belum berjalan optimal sehingga tujuan dari kebijakan belum sepenuhnya diwujudkan. Upaya penyempurnaan secara simultan dilakukan seiring dinamika sosial, politik dan ekonomi yang berkembang.

Diharapkan peringatan HUT Otoda dan HUT Linmas dapat merefleksi kembali semangat dan menjadi spriti bagi jajaran aparat Pemkab Gowa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 × 1 =