7
Ket.Gambar: Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo melakukan pemeriksaan pasukan pada Apel Gelar Pasukan HUT Satpol PP Ke-65 dan Linmas Ke-53 Tingkat Kabupaten Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja Ke-65 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Ke-53 Tahun 2015 Tingkat Kabupaten Gowa di Kantor Bupati Gowa, Senin (16/3). Apel tersebut diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo yang bertindak sebagai inspektur upacara didampingi komandan upacara, Mursalim dari Satpol PP Kabupaten Gowa.

Sebanyak ratusan peserta yang terdiri dari personil Satpol PP dan Satpol Pendidikan, para pejabat eselon II dan III serta PNS Lingkup Pemkab Gowa turut ambil bagian menjadi peserta apel. Turut pula hadiri, jajaran Muspida, Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin, Sekkab Gowa, H Baharuddin Mangka dan Kepala Badan Satpol PP dan Linmas Kabupaten Gowa, H Hasanuddin Ahmad.

Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo membacakan Sambutan Tertulis Menteri Dalam Negeri menjelaskan, Kementrian Dalam Negeri sebagai instansi Pembina Satpol PP pada tahun 2015 melalui Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum telah memberikan Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada lima puluh empat daerah yang terdiri atas tiga provinsi, sembilan kota dan empat puluh dua kabupaten dengan total anggaran sebesar Rp 126 Milyar untuk pembangunan gedung kantor dan pembelian sarana mobilitas dan prasarana lainnya.

“Melalui dukungan dana tersebut diharapkan dapat menjadi pendorong Pemerintah Daerah untuk semakin memperhatikan eksistensi Satpol PP sehingga dapat dilaksanakan secara optimal,” jelas Ichsan.

Bahkan, sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi Pemkab Gowa berencana untuk memberikan asuransi jiwa bagi para personil Satpol PP dan Satpol Pendidikan melalui Peraturan Daerah (Perda) sebagai payung hukumnya yang akan disodorkan ke dewan. “Para Satpol ini juga wajib diasuransikan agar tidak ada keraguan lagi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam penegakkan Perda,” ungkapnya Ichsan YL dihadapan para peserta apel.

Ichsan menambahkan, Polisi Pamong Praja adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan kemampuan dan kewenangan lebih yang tidak dimiliki PNS lain, bangga dan junjung tinggi kehormatan ini dengan disiplin dan kinerja yang baik. “Bukan senjata wibawa kalian, tapi wibawa adalah senjata kalian,” pesan Bupati dua periode ini kepada para personil Satpol PP dan Satpol Pendidikan.(*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

− 1 = 3