Peringatan Nuzulul Qur’an di Gowa

Peringatan Nuzulul Qur'an 1437 H
Ustads Cepot mengisi tausyiah pada Peringatan Nuzulul Qur’an di Mesjid Agung Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Al-Qur’an bukan sekadar firman Allah dan Qalam Allah tetapi Allah menurunkan Al-Quran melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW sebagai sumber inspirasi bagi umat Islam, serta pembawa kebahagiaan bagi setiap umat. Selain itu, Al-Qur’an juga sebagai obat segala macam penyakit, karena barang siapa yang membaca Al-Qur’an maka hidupnya akan tenang dan senang.

Peranan Al-Qur’an ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Ikhsan atau yang lebih dikenal dengan nama Ustadz Cepot pada Peringatan Malam Nuzul Quran Tingkat Kabupaten Gowa di Mesjid Agung Syekh Yusuf Sungguminasa, Kamis, (23/6).

Lebih lanjut penceramah yang dikenal dengan ciri khasnya yang lucu dalam membawakan tausyiah-tausyiahnya ini menerangkan bahwa “Al-Qur’an yang terdiri dari 6666 ayat, 114 Surah dan 30 Juz ini memiliki 5 butir kandungan yakni, Al-Qur’an sebagai Al-Iman (sumber keyakinan) dimana di dalam Al-Qur’an menjelaskan tentang keEsaan Allah SWT, Al-Qur’an berbicara tentang ibadah dimana dalam ibadah seperti sholat mengakarkan tentang kerendahan hati, Al-Qur’an berbicara tentang janji dan ancaman dimana orang-orang yang bertaqwa dijanjikan kenikmatan dan sebaliknya orang yang lalai akan diberikan ganjaran, Al-Qur’an berbicara tentang surga dan dan neraka. Di dalam Al-Qur’an telah dijelaskan bahwa yang akan mencahayai jembatan siratalmustaqim adalah Al-Qur’an itu sendiri serta Al-Qur’an juga berbicara tentang sejarah,” jelas Ustadz Cepot dihadapan ratusan jamaah.

Malam Nuzul Qur’an tingkat Kabupaten Gowa ini dihadiri oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL, Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Mallaganni , Ketua DPRD Gowa, H Anzar Zaenal Bate beserta para jajaran Muspida dan sejumlah pimpinan SKPD serta berbagai tokoh masyarakat. Warga masyarakat Gowa juga turut menghadiri malam turunnya Al-Qur’an yang dirangkaikan dengan shalat tarawih berjamaah.

Dikesempatan yang sama bupati mengajak para jamaah agar sebagai implementasi Ramadhan memperbanyak membaca Al-Qur’an sebagai pedoman untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Gowa. Selain itu, Adnan Purichta Ichsan YL mengaharapkan agar masyarakat Gowa mampu menjaga dan mempertahankan suasana damai dan aman dalam pelaksanaan ibadah Ramadhan serta menyampaikan beberapa visi misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa untuk lima tahun kedepan yang terfokus kepada sektor pendidikan dan kesehatan gratis.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 5 =