Peringati Detik-Detik HUT RI ke 75 Tahun, Pemkab Gowa Terapkan Protokol Kesehatan

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan

Humas Gowa-—-Upacara Pengibaran Duplikat Bendera Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 Tingkat Kabupaten Gowa cukup berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya saat ini Kabupaten Gowa dan dunia secara kesulurahan sedang dilanda pandemi Covid-19.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang bertindak selaku inspektur upacara mengatakan peringataan tersebut dilakukan sebagai wujud kecintaan terhadap indonesia dan momentum mengenang perjuangan para pahlawan yang telah berjuang dalam memerdekaan Indonesia.

“Ini kita lakukan untuk mengenang jasa para pendahulu kita yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan yang kita nikmati saat ini,” katanya, Senin (17/8).

Selain itu, Adnan yang menyampaikan sambutan seragam Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengaku peringatan proklamasi tahun ini diselimuti rasa haru, dikarenakan perayaannya sangat berbeda dengan tahun sebelumnya akibat Covid-19.

“Saat ini kita ibarat berperang dengan musuh yang tidak nyata yaitu virus corona, sehingga pemerintah dan masyarakat harus saling bahu-membahu berupaya untuk meminimalkan potensi penularan covid dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu dirinya mengajak masyarakat untuk menjadikan perayaan ini sebagai motivasi untuk bersatu padu menyatukan potensi kekuatan guna menjaga dan tetap mendorong agar bisa bertahan termasuk menjaga geliat perekonomian untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

“Momentum ini memberikan pembelajaran berharga bagi kita semua begitu pentingnya tetap menjaga semangat kesatuan sebagaimana yang telah diwariskan oleh para pahlawan kita yang telah mendahului kita semuanya,” tambah Adnan.

Ia berharap di momentum perayaan kemerdekaan tersebut masyarakat dan pemerintah saling memberi dukungan dan tanggap dengan dampak yang diakibatkan oleh covid-19.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dan partisipasi dari seluruh masyarakat, dunia usaha, perguruan tinggi dan media yang ada, sehingga mari kita tanggap dan membangun rasa peduli terhadap sesama dan saling menjaga untuk tidak menjadi bagian dari semakin masifnya penularan virus ini,” pungkasnya.

Peringatan ini turut diikuti Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa, Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Kemenag Gowa, Ketua MUI, dan para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa dengan mematuhi protokol kesehatan seperti jaga jarak, menggunakan masker dan hand sanitizer.(JN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 55 = 64