Pj Sekda Gowa Harap Rehabilitasi RPH Tamarunang Berjalan dengan Baik

HUMASGOWA—–Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina berharap rehabilitasi Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kabupaten Gowa yang berada di Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Somba Opu bisa berjalan dengan baik.

Hal ini disampaikannya saat mengikuti Audiens dan Persiapan Perencanaan Teknis Rehabilitasi Bangunan RPH Kabupaten Gowa di Hotel Mercure Nexa Pettarani Makassar, Rabu (5/5).

Menurut Kamsina, rehabilitasi RPH ini harus dilakukan dengan perencanaan yang matang, apalagi menurutnya nantinya ini merupakan RPH termodern yang ada di Sulawesi Selatan.

“RPH ini akan menjadi percontohan, makanya ini harus dimanfaatkan dan apa yang menjadi perencanaan bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, dirinya berharap kedepan RPH ini bisa termanfaatkan dengan sebaik-baiknya terutama bagi para pelaku usaha pemotongan hewan.

“Insya Allah kedepan semua pelaku usaha masuk bergabung di RPH modern ini. Mari kita pergunakan RPH yang akan direnovasi ini untuk dimanfaatkan dengan baik,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Balai Besar Veteriner Maros, Risman Mangidi. Menurutnya proses rehabilitasi RPH modern ini harus dilakukan dengan perencanaan yang baik.

“RPH ini merupakan Program Superioritas Kementerian Pertanian. Sehingga tanggungjawab itu ada di kita, apalagi Bapak Menteri Pertanian kita asli Gowa. Nantinya ini juga menjadi beban moral kita semua yang ada disini,” ujarnya.

Lanjutnya, selain rehabilitasi, hal yang menjadi tanggungjawab kedepan juga ialah pemanfaatan RPH modern. Menurutnya pekerjaan terberat kedepan bagaimana para pelaku usaha ini dilatih untuk bisa menggunakan RPH modern ini.

“Kami dan pihak dari pusat tidak akan lepas, kami akan melakukan pendampingan terhadap pelaku usaha yang mungkin belum terlalu memahami bagaimana cara pengoperasian RPH modern. Ini juga menjadi tanggung jawab kami untuk melakukan pelatihan,” lanjutnya.

Ia berharap dukungan dari semua pihak terutama dari pemerintah daerah terutama Pemerintah Kabupaten Gowa agar rehabilitasi dan pemanfaatan RPH bisa berjalan dengan baik.

“Kami berharap ada sinergi yang kuat antara kami dan pemerintah daerah. Kami tidak akan pernah berhasil melaksanakan kegiatan ini tanpa dukungan pemerintah daerah. Mari kita sama-sama mewujudkan di Gowa ini ada sebuah RPH Modern,” harapnya.

Di tempat yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan, Taufiq rehabilitasi RPH ini terlaksana sesuai tujuan dan kedepan bisa memenuhi kebutuhan daging yang berkualitas di Kabupaten Gowa.

“Sehingga apa harapan masyarakat yang ada di Gowa daging-daging dari RPH betul-betul terjamin kualitasnya. Kedepannya semua daging yang keluar dari RPH Ini ada cap supaya ada yang membedakan di pasar. Supaya masyarakat lebih yakin bahwa kualitas kehalalannya terjamin,” tambahnya.

Turut hadir mendampingi Pj Sekda Gowa pada audiens ini Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa, Suhriati, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Azis dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Gowa, Alimuddin Tiro.(JN)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

× 6 = 36