Ket Gambar: Ketua Tim Penggerak PKK Kab Gowa, Hj Novita Ichsan Yasin Limpo berdialog dengan peserta lomba Alat Peraga Edukatif (ALU) dari Kecamatan Parigi

SUNGGUMINASA—————————– Ketua Penggerak PKK Kabupaten Gowa, HJ. Novita Ichsan Yasin Limpo membuka lomba 10 tugas pokok PKK, Selasa (26/4) di Baruga Tinggimae Rumah Jabatan Bupati Gowa. Lomba ini diselenggarakan dalam rangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK ke 38 & 39 tingkat Kabupaten Gowa Tahun 2011.

Pembukaan dihadiri Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, penggurus dan kader PKK se Kab Gowa. Perlombaan tahun ini mengangkat tema ” Dengan Semangat Kesatuan Gerak PKK Kita Tingkatkan Sumber Daya Kader untuk Memperkuat Sinergitas, Partisipasi Menuju Bangsa yang Mandiri dan Sejahtera.”

Dalam sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK Kab Gowa menjelaskan tujuan diadakannya perlombaan guna mengukur pemahaman, pengetahuan dan keterampilan kader tentang 10 program pokok PKK. Selain itu sebagai salah satu upaya mempersiapkan kader yang handal dan dapat bersaing dengan kader lainnya di daerah lain.

Perlombaan dilaksanakan pada hari yang sama diikuti sebanyak 252 penggurus dan kader PKK dari 18 Kecamatan di Gowa. Selain di Baruga Tinggimae lomba juga dilaksanakan di Kantor PKK Gowa dan Ruang Rapat Wakil Bupati Gowa.

Berbagai jenis perlombaan digelar sesuai dengan Kelompok Kerjanya (Pokja), meliputi simulasi Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum), penyuluhan pembinaan kader bela negara, pembuatan Alat Peraga Edukatif (APE), administrasi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Selain itu adapula lomba penyuluhan menu Bergizi, Beragam dan Berimbang (3B), pengisian format Kartu Menuju Sehat (KMS) dan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat(PHBS).

Beragam lomba yang digelar ini mengacu kepada 10 Tugas Pokok PKK yaitu: penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat. (*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

2 × = 6