Ket. Gambar: Program Officer ACCESS Phase II Prov.Sulsel, Ratna Arasy menyerahkan cinderamata kepada perwakilan SKPD terkait program tersebut. -foto/humas-

SUNGGUMINASA——-Program Australian Community Development and Civil Sociaty Strengthening Sceme (ACCESS) Phase II di Kabupaten Gowa telah berakhir. Program yang merupakan bantuan hibah langsung dari Pemerintah Australia kepada Pemerintah Indonesia diberikan kepada 20 kabupaten/kota, yang salah satunya Kabupaten Gowa di Sulsel ini ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin di Baruga Krg Pattingalloang, Rabu (2/4).

Masuknya ACCESS di Kabupaten Gowa diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Gowa dengan Direktur Program ACCESS tanggal 29 Oktober 2009 dalam bentuk “Sharing Program” antara program yang dihasilkan oleh Forum Lintas Aktor (FLA) yang difasilitasi ACCESS dengan program SKPD terkait.

Program Officer ACCESS Provinsi Sulsel, Ratna Arasy menjelaskan program yang dimitrai 6 (enam) Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) yakni Yayasan Kesejahteraan Masyarakat (YKM), The Gowa Centre (TGC), Yayasan Pendidikan Lingkungan (YPL), Lembaga Bumi Indonesia (LBI), Yayasan Baruga Cipta (YBC) dan Yayasan Wahana Kesehatan Lingkungan (WaKIL) ini telah berlangsung di 59 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Gowa.

Ratna menambahkan, capaian yang dihasilkan dari program yang berlangsung sejak 2009 hingga 2013 ini diantaranya di bidang perencanaan partisipatif tersusunnya 26 RPJMDES, di bidang pengembangan ekonomi lokal terbentuknya 1 koperasi kesejahteraan perempuan, di bidang kesehatan masyarakat mampu mengembangkan dana sehat, dan beberapa capaian lainnya di bidang pendidikan, pemanfaatan dan pelestarian sumber daya air serta penegakan hukum. “Program ACCESS Phase II ini sebagai pemicu terjadi perubahan di berbagai aspek kehidupan dalam organisasi masyarakat” tambahnya dihadapan para pimpinan SKPD, mitra dan perwakilan warga binaan.

Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin mengatakan, program ACESS Phase II telah memberikan manfaat dan dampak yang positif terhadap pemberdayaan masyarakat alam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Gowa. Kehadiran program ini telah mengisi sebagian ruang pembangunan yang bersifat non fisik, yaitu dengan fokus pada peningkatan kapasitas warga dan organisasi warga.

“Praktek-praktek yang baik dari program ini seharusnya menjadi bahan pembelajaran bagi desa/kelurahan lainnya, Pemkab Gowa melalui SKPD terkait akan mendukung keberlanjutan dari program-program pemberdayaan masyarakat, termasuk mmelihara dan mengembangkan aset-aset yang dihasilkan melalui program ACCESS,” pesan Wabup Gowa kepada para mitra ACCESS, SKPD terkait dan warga binaan.

Penutupan program ini ditandai dengan penyerahan plakat dan paket buku produk Program ACCESS Phase II yang diserahkan oleh Program Officer ACCESS Provinsi Sulsel, Ratna Arasy kepada Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin, para mitra ACCESS dan SKPD terkait. (*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

89 − = 82