RAPBD Kabupaten Gowa Tahun 2014 Siap Dibahas

Ket.Gambar: Salah satu jubir fraksi menyerahkan Pemandangan Umum Fraksinya kepada Ketua DPRD Kab Gowa, H Ansar Usman. -foto/humas-
SUNGGUMINASA—–Tujuh fraksi di DPRD Kabupaten Gowa masing-masing Fraksi Golkar, Fraksi Partai Demokrasi Kebangsaan, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Amanat Nasional, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fraksi Perjuangan Rakyat dan Fraksi Nurani Reformasi menyetujui atas Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2014 untuk dibahas lebih lanjut.

Rancangan APBD sebelumnya telah diserahkan oleh Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin pada Jum’at (29/11) lalu kepada Ketua DPRD Kab Gowa, H Ansar Usman. RAPBD ini telah didahului dengan pembahasan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2014 oleh Tim Anggaran Eksekutif bersama dengan Badan Anggaran DPRD Kab Gowa dan telah disetujui bersama, yang dituangkan dalam nota kesepakatan bersama antara pemerintah daerah dan unsur pimpinan SKPD.

Rapat Paripurna Pemandangan Umum Fraksi-fraksi yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna, Kantor DPRD Kabupaten Gowa, Selasa (3/12) dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Gowa, H Ansar Usman dan turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Baharuddin Mangka beserta para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Semua fraksi di DPRD Kabupaten Gowa mengapresiasi terjadinya peningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Gowa sebesar 33,59 % dari tahun anggaran 2013 dan Dana Perimbangan mengalami peningkatan dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang meningkat sebesar 11,35% dan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar 18,57% dari tahun 2013.

“Fraksi Partai Golkar memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dimana Proyeksi Pendapatan dalam RPJMD telah melampaui proyek sebesar Rp 802.217.425.402,- di tahun 2015, sementara di tahu 2014 kita sudah mencapai angka Rp 1.151.994.972.817,-,” jelas juru bicara Fraksi Golkar, Hj Rismawati Kadir Nyampa di hadapan 35 orang anggota dewan yang hadir dalam rapat tersebut.

Sementara juru bicara Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Muh Bustam menegaskan, perlu lebih ditingkatkan sinergitas antara eksekutif dan legislatif dalam sistem pengelolaan keuangan daerah dapat lebih ditingkatkan terutama dalam rangka memacu peningkatan PAD. “Program dan kegiatan yang direncanakan agar betul-betul dapat dilaksanakan dan menyentuh kepentingan rakyat sehingga anggaran yang dikeluarkan dapat berdayaguna dan berhasil guna,” terangnya ketika menyampaikan pemandangan umum.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Baharuddin Mangka menyampaikan terima kasihnya kepada jajaran legislatif atas saran dan masukan yang diberikan dalam menyempurnakan dan memperbaiki RAPBD 2014 dan optimis PAD Kabupaten Gowa akan terus meningkat hingga tahun-tahun mendatang.

Pembahasan Ranperda ini akan dilanjutkan pada rapat-rapat dewan selanjutnya yakni pada rapat gabungan komisi dan rapat dengan pimpinan SKPD.(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 × 1 =