Ratusan ASN Pemkab Gowa Ikut Pelatihan Public Speaking, Upaya Dorong Kualitas Pelayanan Maksimal

HUMASGOWA—–Pemerintah Kabupaten Gowa mendorong seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab Gowa untuk memiliki keterampilan public speaking yang baik. Hal ini penting sebab mengetahui publik speaking yang baik akan membantu dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina saat membuka Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia/Public Speaking Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Selasa (25/10).

“Public speaking menjadi salah satu kompetensi penting yang harus dikuasai oleh seluruh aparatur, sehingga salah satu caranya yaitu mengikuti pelatihan seperti ini,” ungkapnya.

Ia menyebut, pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat harus mampu menyampaikan dengan baik agar mudah dimengerti oleh masyarakat itu sendiri.

Sehingga kata Abd Rauf ASN sebagai abdi negara dituntut menguasai ilmu public speaking.

“Pemerintah dalam menjalankan pelayanan umum tidak lepas dari komunikasi publik terutama dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat. Karena itulah abdi negara harus tahu public speaking sehingga bisa dengan percaya diri menyampaikan kebijakan kepada seluruh masyarakat,” jelas Ketua PMI Gowa tersebut.

Olehnya ia berharap melalui kegiatan ini ASN khususnya kepala SKPD, camat, kepala desa/lurah bisa melatih kemampuan berbicara atau public speakingnya agar lebih baik lagi dan bisa percaya diri menyampaikan program-program pemerintah.

“Diharapkan dapat meningkatkan kompetensi diri agar lebih profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Sementara Kepala BKPSDM Gowa, Zubair Usman mengatakan kegiatan ini diikuit sebanyak 200 orang yang dibagi dalam tiga gelombang yakni seluruh pimpinan SKPD, camat, kepala desa/lurah.

Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan agar ASN memiliki keterampilan berbicara depan orang lain dan memberikan kesan mendalam dan respon yang baik bagi yang mendengarkan.

“Yang ingin kita capai dalam pelatihan ini adalah mewujudkan perubahan pola kerja dan kemampuan ASN Gowa dalam menyampaikan informasi memiliki kemampuan untuk pelayanan yang prima,” katanya. (NH)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

78 − = 72