Bimtek Catatan Sipil
Sekda Gowa, H Muchlis membuka secara resmi Bimtek Catatan Sipil Untuk Pemuka Agama Muslim dan Non Muslim Kabupaten Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA——Ratusan pemuka agama yang terdiri dari imam desa/kelurahan dan pendeta dari 167 desa/kelurahan se-Kabupaten Gowa mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Catatan Sipil Untuk Pemuka Agama Muslim dan Non Muslim Kabupaten Gowa Tahun 2015 di Gedung Adijaya, Kamis (29/10).

Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis dan turut dihadiri Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gowa, Ambo dan Kepala Kantor Kementrian Agama RI Kabupaten Gowa, H Jamaris Halik serta jajaran pegawai Disdukcapil Kabupaten Gowa.

Kepala Disdukcapil Kab Gowa, Ambo menjelaskan, kegiatan bimbingan teknis ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman aparat/pemuka agama dalam hal pengurusan akta catatan sipil. “Bimtek ini akan diisi dengan materi oleh narasumber dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Biro Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan dan Kementrian Agama Kabupaten Gowa,” kata Ambo.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis mengatakan, peristiwa kependudukan, antara lain perubahan alamat, pindah datang untuk menetap, tinggal terbatas atau tinggal sementara, serta peristiwa penting lainnya yang dialami oleh seseorang merupakan kejadian yang harus dilaporkan karena membawa implikasi perubahan data identitas atau surat keterangan kependudukan.

“Bimtek ini bertujuan untuk mensosialisasikan kebijakan administrasi kependudukan khususnya kebijakan pencatatan sipil dalam peningkatan cakupan kepemilikan akta, sehingga tercipta kesamaan persepsi dalam penyelenggaraan pencatatan sipil,” tambah Muchlis.

Muchlis juga berharap dengan pelaksanaan Bimtek ini dapat terwujud tertib administrasi pencatatan sipil dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.(*)Bimtek Catatn Sipil

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

2 × = 10