Ratusan Pimpinan Kolektif Forum BKM Gowa Dikukuhkan

Pengukuhan BKM Kabupaten Gowa
Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni mengukuhkan ratusan Pimpinan Kolektif BKM Kabupaten Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Sebanyak 286 orang Pimpinan Kolektif Forum Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kabupaten Gowa Periode 2026-2021dikukuhkan oleh Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni. Pengukuhan tersebut berlangsung di Gedung Haji Bate Sungguminasa, Selasa (7/3).

Pimpinan Kolektif Forum BKM yang dikukuhkan berasal dari tiga kecamatan yakni Kecamatan Somba Opu, Pallangga dan Barombong yang terdiri dari 14 kelurahan dari Somba Opu, 4 kelurahan dari Pallangga dan 2 kelurahan dari Barombong.

Perwakilan Satker Pengembangan Kawasan Permukiman Provinsi Sulsel, Bahrun Gassing,mengapresiasi atas BKM-BKM di Kabupaten Gowa yang masih menjalankan siklus kemasyarakatan meskipun telah lama ditinggal oleh fasilitator.

“Kami berharap BKM Pallangga dan Somba Opu untuk diaudit dan meminta dukungan Pemkab Gowa dalam rangka penerapan akuntabilitas di masyarakat. Pemerintah Kabupaten diharapkan sebagai motor penggerak dalam menuntaskan permukiman kumuh nol persen di tahun 2019. Saya selalu berharap Kabupaten Gowa sebagai motor penggerak dalam menangani permukiman kumuh di Sulsel,” pesan Bahrun dihadapan ratusan Pimpinan Kolektif Forum BKM Kabupaten Gowa.

Sementara itu, Wabup Gowa dalam sambutannya mengatakan, Kota Tanpa Kumuh yang didalamnya terdapat indikator yang akan diselesaikan termasuk persampahan dan ruang terbuka publik, telah menjadikan kebijakan daerah dicanangkan melalui Gerakan Ayo Gowa Bersih.

“Ayo Gowa Bersih dilaksanakan setiap hari Sabtu di setiap kecamatan, kelurahan, lingkungan, RT dan RW serta kelompok peduli lingkungan di tingkat masyarakat dan melalui pengukuhan ini diharapkan Pemerintah Kabupaten Gowa bersama Pimpinan Kolektif Forum BKM dapat bersinergi dan berkolaborasi untuk memperbaiki tingkat keterpenuhan hunian yang layak dan sejahtera demi mencapai target Gowa Kota Tanpa Kumuh,” tegas Abd Rauf Malaganni.

Pengukuhan yang dirangkaikan dengan Diskusi Publik yang mengambil tema “Gowa Menuju Kota Tanpa Kumuh” ini turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Gowa, H Anzar Zaenal Bate, Ketua Forum Daerah BKM Sulsel, M Zakariah Leo, Ketua Korkot Wilayah 6 Gowa-Maros, Nurliah Ruma, Koordinator Forum BKM Kabupaten Gowa, H Ahmad Rumpa dan para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Pada kesempatan ini juga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menyerahkan 1 (satu) unit motor sampah kepada Forum BKM Kabupaten Gowa yang diserahkan oleh Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni kepada Koordinator Forum BKM, H Ahmad Rumpa sebagai bentuk dukungan Pemkab Gowa dalam mendukung pelaksanaan Program KotaKu.

Di akhir acara, dilakukan pula penandatanganan MoU antara Direktur Moshi-Moshi Spesialis Sampah, Muh Ikra dengan Koordinator Forum BKM Kabupaten Gowa, H Ahmad Rumpa yang disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Gowa dan Ketua DPRD Kabupaten Gowa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

38 − 34 =