Satu Kantong Selamatkan Dua Nyawa

-Ichsan Ajak Pegawai Donor Darah

Sungguminasa — ”Niatkanlah bahwa satu kantong darah anda ini akan menyelamatkan dua nyawa yang membutuhkannya,” kata Bupati Gowa, H Ichsan YL sambil mengajak seluruh pegawai untuk mau mendonorkan darahnya. Seruan ini dilontarkan Ichsan sembari mengkampanyekan pentingnya kesehatan dari sisi donor darah pada kegiatan donor darah yang digelar PMI Sulsel bekerjasama PMI Cabang Gowa di Baruga Karaeng Pattingaloang Pemkab Gowa, Kamis (15/8) siang.

Pada kesempatan berkampanye donor darah selama kurang lebih dua jam itu, Ichsan yang juga Ketua Umum PMI Sulsel ini, menyebutkan saat ini PMI masih memiliki stok 200 kantong darah yang hanya bisa dipergunakan dalam dua hari ini.

”Makanya jika kalian mendonorkan darah hari ini, maka kita akan memiliki stok darah baru 300 kantong untuk persiapan tiga hari ke depan. kenapa kita batasi sebab kalau kita kelebihan stok maka harus dimusnahkan segera sebab darah hanya memiliki masa expire selama 28 hari lewat dari itu maka akan jadi virus membahayakan, makanya harus dimusnahkan bukan dibuang. Jadi PMI itu sebenarnya dilema mencari darah susah dan kalau kelebihan stok darah juga susah karena harus dimusnahkan dengan biaya besar juga,”terang Ichsan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

98 − = 92