Sekda Buka Sosialisasi Pamsimas dan P2KP


Ket.Gambar : Para peserta sedang serius mengikuti jalannya Sosialisasi Pamsimas dan P2KP yang diadakan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gowa.

SUNGGUMINASA———Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Drs.H.Muh.Yusuf Sommeng, M.Si membuka secara resmi Sosialisasi Program Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) Kabupaten Gowa bertempat di Baruga Krg.Pattingngalloang,Kantor Bupati Gowa, Rabu (15/6). Sosialisasi yang digelar oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kab Gowa ini dihadiri para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa, camat dan kepala desa, serta tim teknis, konsultan dan fasilitator Pamsimas dan P2KP Kab Gowa.

Program Pamsimas dan P2KP merupakan salah satu wujud kemitraan antara masyarakat, pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Program P2KP mulai digulirkan sejak tahun 2002 sedangkan program Pamsimas mulai digulirkan pada tahun 2008, telah terlaksana dengan baik dengan pendanaan yang bersumber dari pihak-pihak yang bermitra.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PU Kab Gowa, Ir.H.Mahmuddin,M.Si dalam laporannya menjelaskan, tujuan sosialisasi Pamsimas dan P2KP ini untuk terciptanya persamaan persepsi bagi para pemangku kepentingan tentang criteria yang harus dipenuhi desa/kelurahan sasaran Pamsimas dan P2KP di Kab Gowa, meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyediaan prasarana dasar pedesaan dan perkotaaan, serta menjelaskan bahwa pemerintah desa/kelurahan akan bertanggungjawab dalam melakukan sosialisasi program di tingkat desa/kelurahan.

Program Pamsimas di Kab Gowa sejak 2008-2011 telah menjangkau 53 desa/kelurahan yang terdiri dari 47 desa regular dan 6 desa replikasi. Sementara pada P2KP baik P2KP Reguler maupun P2KP Paket serta P2KP Anvance meliputi semua desa/kelurahan di kecamatan Pallangga, Barombong dan Sombaopu

Sambutan tertulis Bupati Gowa yang dibacakan oleh Sekda Gowa, Drs.H.Muh.Yusuf Sommeng, M.Si menjelaskan, pertemuan ini mempunyai arti penting dan strategis bagi kita semua dalam upaya meningkatkan pembangunan prasarana dasar di wilayah perkotaan dan pedesaan terutama bidang air minum dan sanitasi dasar yang berbasis masyarakat. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan pelaksanaan Program Pamsimas dan P2KP dapat berjalan optimal dalam artian menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan sarana dan prasarana dengan menerapkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance).(*)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 37 = 46