Sekda Gowa Terima Legislator Banjar

SUNGGUMINASA—-Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Baharuddin Mangka menerima secara langsung kunjungan kerja jajaran DPRD Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Legislator yang merupakan Panitia Khusus (Pansus) Rencana Detail Tata Ruang ini diterima di Baruga Krg Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Selasa (10/6).

Ketua Pansus, H Imran Hadimi beserta 15 orang rombongannya menilai penataan ruang di Kabupaten Gowa yang berbatasan langsung dengan ibukota Provinsi Sulsel, Makassar cukup baik. “Kami ingin belajar bagaimana penataan ruang berdasarkan zona-zona yang berkaitan tentang tata ruang di Kabupaten Gowa, mengingat letak Gowa sama persis dengan Kabupaten Banjar yang berbatasan langsung dengan ibukota provinsi,” jelas Imran dihadapan para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Baharuddin Mangka menjelaskan, di Kabupaten Gowa telah ditetapkan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Tahun 2012-2032 yang secara umum mempunyai peran dan fungsi sebagai alat untuk mewujudkan keseimbangan pembangunan antar wilayah dan kesinambungan pemanfaatan ruang di Kabupaten Gowa.

“Khusus untuk Kawasan Strategis Nasional (KSN) atau dikenal dengan Kawasan Mamminasata yang meliputi Kota Makassar, Maros, Sungguminasa dan Takalar ini dipusatkan di Kabupaten Gowa dengan rencana pengembangan kota baru di Kecamatan Pattallassang yang nantinya menjadi magnet baru kawasan pemukiman penduduk di luar kota Makassar,” papar Baharuddin Mangka yang didampingi Kepala Dinas PU Kabupaten Gowa, H Mundoap.

H Baharuddin Mangka menambahkan, mengenai pengembangan kawasan Pattallassang sebagai Kota Baru ini telah diajukan dalam Rancangan Peraturan Daerah kepada legislatif kabupaten dan sementara dalam proses pembahasan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 19 =