Sekda Terima Kunjungan Ombudsman RI
Kunker Ombudsman
Sekda Gowa, H Muchlis menerima kunjungan Ombudsman RI di Kabupaten Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Ombudsman Republik Indonesia (ORI) sebagai lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan publik melakukan review implementasi integrasi pengelolaan pengaduan internal penyelenggara pelayanan publik di Kabupaten Gowa.

Kunjungan ini dipimpin oleh Asisten ORI, Muslimin Putra dan Arya Banga didampingi oleh Asisten ORI Sulsel, A Puji Dian yang diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis di ruang kerjanya, Rabu (9/8) pagi.

“Kami selaku lembaga pengawas pelayanan publik ingin melihat sejauh mana implementasi integrasi pengelolaan pelayanan publik yang berjalan di Kabupaten Gowa,” kata Muslimin.

Muslimin lebih jelas mengatakan, program pelayanan publik yang ada diseluruh daerah nantinya akan diintegrasikan dengan Layanan Aplikasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) dan Sistem Pengelolaab Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N).

“Pengaduan masyarakat nantinya diharapkan bisa melalui satu pintu atau terpusat ke LAPOR dan SP4N jadi semua terintegrasi ke aplikasi ini untuk memudahkan mengaksesnya,” tambahnya.

Sementara itu, Sekda Gowa, H Muchlis mengatakan, pengaduan masyarakat yang ada di Kabupaten Gowa saat ini tersebar di masing-masing SKPD sehingga masyarakat langsung menyampaikan keluahan atau pengaduannya ke SKPD terkait.

“Kalau untuk aplikasi LAPOR dan SP4N saat ini masih berada di bawah inspektorat, namun masih perlu sosialisasi dan pelatihan bagi para petugas pengelola pengaduan dalam menggunakan aplikasi tersebut,” kata Muchlis yang didampingi beberapa pimpinan SKPD yang mengelola pengaduan diantaranya Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa, Kamaluddin Serang dan Kepala Bappeda Kabupaten Gowa, Taufiq Mursad.

Turut pula hadir dalam penerimaan kunjungan Ombudsman ini Kepala Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Daerah Setkab Gowa, Alimuddin Hakim, Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setkab Gowa, Sujaddan, Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Gowa, Edi Sucipto dan Kepala Bidang Informasi Publik Diskominfo Kabupaten Gowa, Emy Pratiwi Luthfy. (*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

+ 15 = 22