Sekda Terima Peserta Studi Lapangan DFPP-P Unhas

SUNGGUMINASA—-Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muh Yusuf Sommeng menerima kunjungan peserta studi lapangan Diklat Fungsional Perjenjangan Perencanaan Pertama (DFPP-P) Angkatan XIII Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar di Baruga Krg Pattingngalloang, Jum’at (2/11).

Sebanyak 20 orang peserta yang berasal dari berbagai instansi dan daerah ini dipimpin langsung oleh Ilham Tajuddin dari Pusat Penelitian dan Pemngembangan Kebijakan Manajemen (P3KM) Unhas. Turut hadir dalam acara ini Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PU Kab Gowa Mahmuddin, Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda Kab Gowa Ahyani beserta jajaran staf Dinas PU dan Bappeda Kab Gowa.

Ketua Rombongan, Ilham Tajuddin mengutarakan tujuannya melakukan study lapangan di kabupaten Gowa ini untuk mengetahui dan mencari data terkait tata ruang dan infrastruktur dalam pengelolaan pembangunan di kawasan Metropolitan Makassar, Maros, Sungguminasa dan Takalar (Mamminasata).

Sekretaris Daerah Kab Gowa, H Muh Yusuf Sommeng menjelaskan, rencana tata ruang di kawasan perkotaan Mamminasata khususnya di kabupaten Gowa haruslah aspiratif dalam mengakomodasi kebutuhan dan harapan stakeholders. Oleh karena itu, dalam pengendalian pemanfaatan ruang harus memastikan perencanaan pemanfaatan ruangnya telah sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Kabupaten Gowa merupakan Kawasan Strategis Nasional (KSN), maka salah satu fungsi yang diemban kabupaten Gowa adalah Kota Satelit, dan sementara telah dibangun infrastruktur Kota Idaman, TPA Regional Pattallassang, Kawasan Industri Gowa (KIWA), Kuburan Regional Pattallassang, Lapangan Golf Padi Valley di Pattallassang, pengembangan Kawasan Pendidikan Samabonto Mamminasata dan Pengembangan Kawasan Pendidikan di Pallangga.

Studi lapangan ini diharapkan dapat memberikan masukan-masukan yang sangat besar bagi para peserta dalam menyelesaikan laporan mereka terkait perencanaan dalam pengelolaan pembangunan kawasan Mamminasata ini.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 89 = 91