Sekkab Pantau UN SMP di Gowa

edit 2
Ket.Gambar: Sekkab Gowa, H Baharuddin Mangka melakukan pantauan pelaksanaan UN hari pertama tingkat SMP di SMP Negeri 1 Sungguminasa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA——-Sekretaris Kabupaten Gowa, H Baharuddin Mangka melakukan pemantauan langsung Ujian Nasional (UN) di SMP Negeri 1 Sungguminasa, Senin (4/5). UN ini akan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 4 hingga 7 mei mendatang serentak di 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa.

Sekkab Gowa, H Baharuddin Mangka didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda (Dikorda) Kab Gowa, H Sappe Mangiriang, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dikorda Kab Gowa, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gowa, Andi Tenriwati Tahri dan Kepala SMP Negeri 1 Sungguminasa, H Sarea memantau jalannya Ujian Nasional di setiap kelas.

Sekkab Gowa mengatakan, pelaksanaan Ujian Nasional secara nasional tidak lagi menentukan lulus tidaknya siswa tetapi Ujian Nasional hanya mengukur kemajuan satuan pendidikan di suatu wilayah. “Inilah nilai plus dari SKTB yang telah kita terapkan sehingga anak-anak tidak perlu khawatir tinggal kelas,” terang Baharuddin Mangka.

Peserta UN tingkat SMP/MTs di Kabupaten Gowa berjumlah 10.154 siswa dari 105 sekolah di Kabupaten Gowa. Sedangkan untuk SMP Negeri 1 Sungguminasa UN ini sendiri diikuti sebanyak 556 siswa yang terdiri dari 231 orang perempuan dan 325 orang laki-laki dan pada hari pertama pelaksanaan UN terdapat 3 (tiga) orang yang tidak hadir.

Di SMP Negeri 1 Sungguminasa ini juga secara serentak pelaksanaan UN diikuti oleh SMP Terbuka dengan jumlah peserta UN sebanyak 39 siswa dan SMP Gowa Raya dengan peserta sebanyak 15 siswa yang mengikuti ujian Bahasa Indonesia pada hari pertama. Kemudian pada hari-hari selanjutnya masing-masing satu mata pelajaran yakni Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

Seluruh peserta secara psikologis tak nampak wajah-wajah stres dalam mengikuti UN. “Pada hari pertama Ujian Nasional tingkat SMP ini saya lihat berjalan aman dan soal-soal juga terdistribusi dengan baik. Bahkan saya lihat anak-anak enjoy-enjoy saja karena kita menganut SKTB yang tidak mengenal tinggal kelas sehingga kejiwaan mereka lebih tenang untuk menjawab soal,” ungkap Sekkab Giwa setelah memantau pelaksanaan UN di SMP Negeri 1 Sungguminasa.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 × = 56